Meriahnya Acara Ngalam Fishing Tournament Tamban Malang 2017

Acara Ngalam Fishing Tournament  Tamban Malang 2017  memang benar – benar terbilang sukses!!

Mengapa…? Dari target peserta 400 menjadi 480 peserta atau 120 perahu lebih, kata bapak Eko Agus selaku Ketua Panitia Ngalam Fishing Tournament. Tidak hanya dari Malang, turnamen mancing ini juga diikuti peserta dari Pangkal Pinang, Banjarmasin, Jakarta, Surabaya, Tulungagung, Mojokerto, Gresik, Solo, Pasuruan, Lamongan, Medan dan Madura, bahkan sampai Malaysia hingga Brunai Darusallam dan dari kota lain di Indonesia. Acara yang dilaksanakan oleh KJ Production dan didukung dari pemerintahan hingga warga sekitar pantai Tamban Malang memang luar biasa. Acara ini juga di hadiri Bupati Malang Bapak Rendra Kresna, beliau juga menyebutkan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu strategi umum dari program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Hal tersebut disampaikan Rendra, saat menghadiri Tasyakuran Petik Laut Nelayan Pantai Tamban.

gomancing bupati rendra Ngalam Fishing Tournament tamban malang 2017

“Dengan Sumber Daya Kemaritiman Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir”, acara tahunan tersebut digelar di pantai Tamban, desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang. Beberapa yang hadir dalam acara tersebut mulai dari Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Wakapolres Malang, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Dirut. PDAM Kabupaten Malang, Dirut. Bank Jatim Malang, Kepala Polisi Air, dan Muspika Sumbermanjing Wetan. Bupati Rendra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan besar seperti Petik Laut Nelayan itu, harusnya didukung semua pihak. Lantaran, kegiatan tersebut dipandang mampu mendongkrak pariwisata di kabupaten Malang terutama di sektor pantai.

gomancing suasana laut tournament ngalam tamban malang 2017 - Copy

Tournament mancing ini diadakan di seputaran spot dengan kedalaman bervariasi mulai dari 15-200 meter yang memiliki karakteristik berkarang. Potensi ikan yang ada pun beragam jenisnya, seperti Tuna, Tenggiri, Kakap Merah dan Karas. Namun bila cuaca kurang bersahabat saat hari pelaksanaan nanti, panitia akan mengurangi batas mancing yang ditentukan. Hal ini ditujukan untuk mempermudah pengamanan peserta jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan batas aturan jam mulai start pukul 07:00 hingga 14:00 lebih dari aturan jam tersebut penimbangan ikan di diskualifikasi.

Ketentuan lomba Ngalam Fishing Tournament sebagai berikut :

~ Biaya pendaftaran Rp. 300.000/angler (Fasilitas perahu,jaket pelampung,asuransi,makan pagi dan siang,air minum,tenda bagi yang ingin bermalam,kaos,souvenir dan doorprize)

~ Teknik pemancingan bebas (Jigging,Popping,Casting,Bottom Fishing dan tidak dibatasi jumlah alat yang di gunakannya)

~ Umpan yang digunakan bebas (Panitia tidak menyediakan umpan)

~ Jumlah pemancing di batasi 4 Angler tiap kapal atau perahu (bisa satu tim)

~ Spot di sekitar perairan pantai Tamban

~ Start lomba mulai pukul 07:00 sampai 14:00 WIB (berangkat dari pantai Tamban)

~ Kategori penilaian lomba adalah hasil tangkapan ikan terbesar (jenis ikan bebas,kecuali ikan yang di lindungi)

gomancing juara tournament ngalam tamban malang

Memperebutkan hadiah utama Sepeda Motor dan puluhan juta Rupiah

  1. Juara 1:1 Unit sepeda motor
  2. Juara 2: Rp. 4.000.000
  3. Juara 3: Rp. 3.000.000
  4. Juara harapan 1: Rp.1.000.000
  5. Juara harapan 2: Rp.750.000
  6. Juara harapan 3: Rp. 500.000

Semua pemenang mendapatkan Trofi dan Sertifikat

gomancing atas panggung tournament ngalam tamban malang 2017 - Copy

  1. Juara 1, Ikan Kerapu dengan berat ikan 7,2 kg
  2. Juara 2, Ikan Kerapu dengan berat ikan 6,9 kg
  3. Juara 3, Ikan GT dengan berat ikan 6,4 kg
gomancing juara 1 tournament ngalam tamban malang
Juara I Sony Cruz dengan hadiah utama motor nya

 

gomancing juara 2 tournament ngalam tamban malang
Juara II Bang Kapet

Juara dari acara Ngalam Fishing Tournament inipun di borong dari kota Pahlawan Surabaya mulai dari Juara 1 sampai 3, yang salutnya juara 1 dan 2 di borong dari komunitas Mancing Mania Surabaya. Antusias sambutan panitia pun benar benar luar biasa,mulai dari fasilitas tenda hingga hiburan orkes dandutnya,turnamen mancing ini pun mendapat respon yang bagus dari penduduk dan Pemda setempat. Harapan mereka termasuk pihak panitia tak lain agar Pantai Tamban bisa menjadi destinasi wisata memancing dan turnamen ini menjadi agenda tahunan. Selain itu juga bisa mendongkrak perekonomian warga setempat, karena nantinya di acara tersebut diadakan bazar ikan bakar dan bazar makanan olahan berbahan dasar ikan laut.

Beberapa foto dokumentasi malam hari yang menginap sambil bakar – bakar ikan :

Dokumentasi foto para Team dan suasana lokasi acara tournament :

2 thoughts on “Meriahnya Acara Ngalam Fishing Tournament Tamban Malang 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *