Yuk Kepoin Macam-Macam Lure (Umpan Buatan)

Bagi para pecinta kegiatan memancing, sesuatu yang berhubungan langsung dengan umpan pasti dengan mudahnya diketahui. Apalagi di era yang serba modern, kini umpan pun ada loh yang palsu atau buatan manusia. Dan katanya umpan buatan ini bisa menangkap ikan dengan lebih muda, terutama untuk kepentingan tertentu atau untuk men. Nah jika selama ini Anda belum begitu mengenal umpan buatan, hari ini kita akan belajar mengenai macam-macam lure (umpan buatan).

macam-macam lure

Ternyata ada banyak macam-macam lure (umpan buatan) yang memiliki kegunaan tersendiri, dibuat dari bahan-bahan yang berbeda dan juga memiliki ciri khasnya masing-masing. Kira-kira seperti apa ya bentuk dan cara penggunannya ? Langsung saja yuk kita simak informasi dibawah ini.

Banyak Macam-Macam Lure (Umpan Buatan) Sesuai Kebutuhan

  1. Top water

macam-macam lure jenis top water

Umpan buatan yang satu ini cukup unik, diperuntukkan bagi Anda yang memang ingin mendapatkan ikan dipermukaan laut, bentuknya mirip seperti ikan kecil yang berenang di permukaan. Jika Anda pandai dalam melemparkan kail, maka ikan buatan ini pun akan menarik perhatian calon tangkapan. Anda bisa menggerakkan kail sehingga umpan ini akan mirip dengan ikan asli, berenang dan terdapat cipratan air layaknya ikan yang berenang diatas permukaan.

  1. Metal Jig

macam-macam lure metal jig

 

Untuk umpan buatan kedua ini cukup canggih loh, pasalnya umpan ini dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah para pemancing dalam mendapatkan umpan. Dengan menunggu dipinggir laut, Anda bisa melempar umpan metal jig ini sampai jauh bahkan lebih dalam. Sambil menunggu tangkapan, Anda bisa sambil menggerakkan kail sehingga umpan ini terlihat seperti aslinya. Metal jig memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin memancing dengan sensasi berbeda, karena pada dasarnya umpan ini berbeda dengan umpan yang terbuat dari plastik atau kayu pada umumnya.

  1. Minnow

macam-macam lure minnow

Uniknya namanya, umpan buatan yang sangat cocok digunakan untuk memancing di lingkungan laut yang masih dangkal, misalnya waktu air laut pasang. Anda bisa menggunakan umpan ini ditengah kumpulan ikan-ikan kecil yang juga berenang di permukaan. Dengan memasang umpan seperti itu bisa membuat ikan-ikan besar untuk segera memakannya. Alangkah baiknya jika Anda melempar umpan lebih jauh dan lebih dalam untuk mendapatkan tangkapan lebih cepat.

  1. Vibration

macam-macam lure jenis vibration

Umpan buatan terakhir ini cocok digunakan bagi Anda yang sedang memancing dengan kondisi tertentu, misalnya sulit mendapatkan tangkapan karena cuaca ataupun hal lain. Umpan vibration ini bisa membantu Anda untuk keluar dari kesulitan menangkap sasaran. Anda bisa menggetarkan reel kemudian menggoyangkannya secara pelan-pelan sehingga umpan tampak lebih nyata dan bisa menarik perhatian para pemangsa.

Nah manakah umpan buatan yang paling cocok menurut Anda ? Silahkan untuk mencobanya. Karena dari sekian macam-macam lure (umpan buatan) memiliki kegunaan tersendiri seperti yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *