Ketahui Cara Budidaya Ikan Gurame Terpal

Budidaya ikan gurame terpal saat ini menjadi salah satu budidaya yang dipilih oleh banyak masyarakat. budidaya ikan gurame kolam terpal sangat cocok untuk masyarakat yang ingin membudidayakan ikan tetapi tidak memiliki lahan yang luas untuk digunakan sebagai kolam. Terpal yang digunakan juga tidak harus memiliki ukuran yang lebar dan luas tetap yang penting terpal bisa dibentuk sebagus mungkin.

cara budidaya ikan gurame di kolam terpal dengan menggunakan terpal juga terbilang sangat mudah. Selain itu biaya yang dikeluarkan untuk membuat kolam juga jauh lebih murah dibandingkan harus membuat kolam dari beton. Selain itu, penggunaan terpal juga membuat kolam ini menjadi lebih mudah untuk bongkar ataupun pasang.

Berikut Cara Budidaya Gurame dengan Kolam Terpal

Membuat Media Ternak

Budidaya ikan gurame terpal harus melalui beberapa langkah metode atau cara budidaya terlebih dahulu. Cara pertama adalah dengan membuat media ternak terlebih dahulu yaitu berupa kolam terpal plastik yang bisa diletakkan di tempat yang sudah ditentukan.

Terpal atau plastik bisa ditemukan dengan sangat mudah di toko bangunan ataupun toko pertanian. Bahan budidaya ikan gurame kolam terpal lainnya adalah batu bata merah yang berfungsi sebagai tembok penopang. Ukuran  untuk tembok penopang ini bisa dengan panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tingginya 1 meter. Susun terlebih dahulu tembok tersebut dengan rapi kemudian baru letakkan terpal.

Lakukan Pengisian Air ke Kolam

Cara ternak ikan gurame di kolam terpal selanjutnya adalah dengan melakukan pengisian air ke dalam kolam. Dalam pengisian budidaya ikan gurame terpal juga tidak perlu hingga penuh sampai keatas tetapi cukup isi kolam dengan ketinggian air sekitar 50 -75 cm saja.

Hal ini bertujuan supaya Budidaya ikan gurame terpal tidak melompat keluar dan jika terjadi hujan air tidak meluap. Setelah diisi air kemudian tunggu selama 1 minggu dan masukan benih ikan gurame minimal yang berusia 2 bulan. Usia 2 bulan diperhitungkan sudah mampu untuk bertahan di suhu kolam terpal.

Takaran Jumlah Benih

Dalam meletakkan benih ke dalam kolam juga tidak bisa sembarangan karena bisa memberi efek kegagalan. Dengan ukuran 4 x 2 x 1 paling tidak bisa memuat pembesaran gurame di kolam terpal ikan gurame dengan jumlah lebih dari 200 ekor. pembesaran ikan gurame di kolam terpal Pembatasan benih ini bertujuan supaya populasi yang ada dalam kolam tidak terlalu berlebihan.

Pakan untuk Ikan Gurame

Hal tak kalah penting dalam mempersiapkan budidaya untuk ikan gurame adalah dengan memperhatikan pakan ikan gurame di kolam terpal. Gurame harus diberi makan secara rutin setiap hari pada saat pagi dan sore hari untuk cara budidaya gurame kolam terpal.

Sedangkan untuk makanan utama yang diberikan adalah pelet ikan. Ditambah makanan lain yang bisa memberikan protein untuk ikan seperti daun ubi jalar, jagung rebus, kangkung, tumbuhan air atau dedek halus. Kombinasikan Budidaya ikan gurame terpal makanan tambahan dengan pelet supaya ikan gurame di kolam tidak merasa bosan dengan makanan yang diberikan.

Pemijahan Ikan Gurame

Supaya ikan gurame lebih berkembang maka bisa dilakukan pemijahan pada ikan-ikan gurame. cara pemijahan ikan gurame di kolam terpal adalah dengan menyiapkan kolam lain ditambah dengan sarang yang bisa dibuat dengan menggunakan ijuk. Jika sudah siap kemudian letakkan gurame jantan dan betina pada kolam tersebut.

Lakukan penyebaran Budidaya ikan gurame terpal pada saat pagi hari dimana suhu air masih dalam kondisi yang rendah. Kemudian untuk jumlah bibit yang harus ditebar adalah 1 – 2 ekor untuk ukuran per m2. Sedangkan untuk jumlah ternak ikan gurame di kolam terpal antara jantan dan betina dengan perbandingan 1 : 4.

Jika anda juga ingin tahu cara budidaya lele di kolam terpal, lihat artikel ini : Beternak Lele di Kolam Terpal.

One thought on “Ketahui Cara Budidaya Ikan Gurame Terpal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *