Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Budidaya ikan lele saat ini memang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena ternak lele kolam terpal pemula memang sangat penting untuk dipahami. Hal ini karena bisnis perikanan memang memberikan jaringan yang luas seperti halnya para pelaku UMKM, Bisnis lamongan, supermarket, pasar tradisional hingga restoran juga menyediakan menu lele. Tak heran jika akhirnya referensi terkait dengan Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal juga banyak dicari.

Ikan lele merupakan jenis ikan yang dapat dibudidaya sendiri, memiliki rasa yang nikmat dan harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan ikan lainnya. Oleh karena itu, mereka akhirnya menjadikan ikan lele sebagai sumber penghasilan mereka. Apakah Anda juga tertarik untuk beternak lele di kolam terpal? Jika iya, maka tepat sekali karena artikel berikut akan mengupas lengkap mengenai cara ternak lele kolam terpal.

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal yang Menjanjikan

Memilih Jenis Ikan Lele dengan Tepat

Cara budidaya ikan lele yang pertama harus dilakukan adalah dengan memilih jenis ikan lelenya terlebih dahulu. Bahkan banyak pelaku budidaya lele yang  saat ini mempercayakan jenis lele sangkuriang dan dumbo. Hal ini karena probiotik lele kolam terpal memiliki tingkat produktivitas yang tinggi dengan daging yang lebih empuk.

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal
Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Perhatikan Syarat Hidup dari Ikan Lele

Meskipun Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal terbilang cukup mudah maka bukan berarti Anda mengabaikan syarat hidup ikan lele. Semakin baik kondisi air serta lokasinya maka akan dijadikan sebagai cara budidaya lele kolam terpal lengkap yang berkualitas.

cara pemijahan ikan lele di kolam terpal harus memperhatikan suhu pada kolam terpal, adapun suhu tersebut berkisar antara 26-32 derajad celcius. Dengan lokasi memiliki ketinggian 1000 mdpl. Selain itu, kondisi tempat kolam terpal harus memiliki Ph yang berkisar dari 7-8 pH.

Pembuatan Kolam Untuk Pembesaran

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal adalah dengan memperhatikan ukuran kolam serta daya tampung ikan lele. Pada dasarnya untuk kolam pembesaran tidak begitu luas seperti kolam pembenihan. Untuk terpal kolam ikan yang berukuran 5×2 m maka dapat menampung skitar 1000 ekor benih ikan lele. Untuk lebih mudahnya gunakan hitungan syarat minimal daya kolam ikan lele dari terpal untuk menampung per meter kolam.

Pilih Benih Ikan Lele yang Berkualitas

cara ternak lele di kolam terpal adalah dengan memperhatikan kualitas dari pembenihan ikan. Benih ikan lele yang digunakan untuk pembesaran sebaiknya berukuran 5-7 cm dan pastikan ukurannya seragam. Misal Anda memilih benih berukuran 7 cm maka semua benih harus berukuran sama.

Menebar Benih Lele dengan Tepat

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal untuk menebar benih sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Hal ini bertujuan agar terhindar dari terik matahari, jika siang hari maka kondisi air sangat panas sehingga benih ikan lele bisa mati. Sebelum menebarkan benih sebaiknya taruh benih didalam tempat berbahan plastik. Cara budidaya lele di kolam terpal dengan menebarkan benih yang ada ditempat dengan cara miring dan keluarkan sedikit demi sedikit.

Pemeliharaan Ikan Lele dengan Tepat

cara ternak ikan lele di kolam terpal, yang paling penting adalah cara pemeliharan yang tepat seperti pengelolaan air dan pemberian pakan secara rutin. Sebelum masa panen tidak disarankan untuk menguras air karena dapat mengurangi kestabilan pada Ph kolam.

Sebelum berfikir mengenai modal awal ternak lele kolam terpal sebaiknya ketahui cara berternak lele di kolam terpal agar budidaya lele dapat maksimal.

One thought on “Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *