Perbedaan Leader Monofilament Dan Flurocarbon

Perbedaan Leader Monofilament Dan Flurocarbon

Leader untuk mancing pada dasarnya adalah line yang menghubungkan kenur utama kita dengan umpan, bisa berupa jig, popper atau live bait dan berguna sebagai shockbreaker (peredam kejut) saat terjadi hit. Jadi leader posisinya selalu paling dekat dengan umpan. Bahan leader umumnya menggunakan mono atau fluorocarbon.

Perlu di ingat Kawan bagian kenur kita yang terletak paling ujung selalu mendapat tugas paling berat, karena kemungkinan bagian ini akan kena gigit, bergesekan dengan badan/sirip ikan, bergesekan dengan lunas kapal, bergesekan dengan karang dan lainnya. Oleh karena itu digunakanlah leader/tali pandu. Leader biasanya berkekuatan lebih besar dari kenur utama karena tugasnya yang lebih berat seperti yang disebut diatas.

gomancing shook leader
Adapun peraturan dalam IGFA maupun FORMASI menentukan bahwa panjang leader maksimum untuk kelas kenur 10 kg dan lebih kecil adalah 4,57 meter. Untuk kelas kenur 15 kg dan lebih adalah 9,14 meter. Penggunaan leader dibolehkan tapi tidah diharuskan. Jadi untuk turnamen atau pencatatan rekor boleh pakai leader boleh juga tidak. Jika dipakai, tentu saja harus mengikuti ketentuan yang digariskan.

Untuk mementukan panjang leader yang standar/umum adalah 2x s/d 3x panjang joran dengan kekuatan leader 1,5x s/d 2x main line. Tentu saja ini bukan patokan mutlak. Perlu diingat makin panjang leader atau makin besar ukuran leader, makin jelek action umpan dan sebaliknya makin pendek leader dan makin kecil ukuran leader, makin bagus action umpan.

Semua itu selera sendiri-sendiri sih.Kawan..!! Dalam penggunaan Leadernya,mau aman menggunakan leader besar dan panjang atau mau strike lebih banyak dengan leader ukuran kecil dan pendek dengan resiko putus. Untuk target ikan bergigi tajam (tenggiri,wahoo, barracuda, dogtooth) diperlukan leader kawat agar tidak putus tergigit. Kawat multi strand lebih fleksibel sehingga memungkinkan gerakan umpan lebih alami tapi ukurannya juga lebih besar dibandingkan kawat single strand.

gomancing.com shook leader maguro
Untuk mancing teknik troling umpan buatan umumnya digunakan kawat multi strand. Kawat single straind kadang digunakan untuk umpan jahit atau ngoncer tenggiri.
~ Material/bahan leader

bahan leaderBahan leadar bisa bermacam-macam sesuai dengan tugasnya. Yang paling umum adalah kenur monofilament (ini ada yang lunak dan keras), kawat tunggal (misal : malin, piano wire), kawat multi strand(7X1,7X7 dan lainnya), kawat titanium dan fluorocarbon.
Pada umumnya rangkaian untuk leader dibuat dengan urutan :
Main Line – Leader – (Neckline) – Solid Ring – Split Ring – Hook/Jig/Popper.

1. Monofilament
Di tahun 1938, DuPont mengumumkan penemuan mereka yang disebut nylon. Setahun kemudian, DuPont mulai menjual nylon monofilament secara komersial sebagai kenur pancing. Teknologi yang dipakai untuk membuat kenur ini sangat primitif jika dibandingkan dengan kenur-kenur zaman sekarang.
Setelah beberapa perbaikan disana-sini, 20 tahun setelah menemukan nylon, pada tahun 1958, keluarlah produk terbaru mereka yaitu Stren. Kenur ini lebih tipis dari ukuran biasanya, dan meraih sukses besar di kalangan pemancing. Sampai sekarang, Stren tetap menjadi salah satu pemasok kenur yang banyak dipakai di dunia pemancingan.
Untuk kenur mono zaman sekarang tentu sudah lebih baik kualitasnya dibanding kenur zaman dulu. Bahan dasar dari monofilament (mono) disebut dengan extruded nylon. Mono adalah jenis kenur yang paling banyak dipakai oleh para pemancing, apapun teknik mancing yang mereka pergunakan.
Beberpa kelebihan dan kekurangan :
# Kelebihan
~ Mudah untuk dibuat tali simpulnya
~ Mudah dicari dan harganya lebih murah
~ Banyak pilihan warnanya
# Kekurangan
~ Untuk Mono akan melarr jika ditarik, ini berarti mungkin saja Kawan tidak merasa bahwa umpan sedang ditarik sang ikan.
~ Sangat rentan terhadap gesekan dengan batu/karang, ini berarti Anda harus waspada, dan mungkin harus memutuskannya dan membuat sambungan di bagian yang tergerus/kasar.
~ Mempunyai efek ‘memori’ yang cukup besar, ini mungkin berarti kenur akan lebih ‘keriting’ saat keluar dari ril, dibanding kenur jenis lainnya.
~ Mono lebih mudah menyerap air, sehingga menurut penelitian di lab, bisa kehilangan sampai 15% dari kekuatan awalnya.
Untuk kabar baiknya, perusahaan – perusahaan yang memproduksi kenur mono tetap memperbaiki kualitas kenurnya masing-masing. Sehingga perusahaan menambahkan lapisan pelindung (coating), membuat kenur lebih tahan gesek, lebih sensitif, lebih tipis dan murah.
Kapan kita harus memakai mono :
Mono adalah kenur yang direkomendasikan bagi pemula. Bukan berarti pemula tidak biasa menggunakan kenur jenis lainnya, tetapi karena melihat kelebihan nya yang membuat mono pantas direkomendasikan bagi para pemula. Jika Kawan memancing di perairan jernih, mono sepertinya menjanjikan lebih banyakstrike ketimbang braided, karena braided jelas tidak bersifat ’hilang’ tidak terlihat di dalam air. Selain murah, mono juga dipastikan mudah untuk ditemukan di setiap toko – toko pancing sekitar kita.
2. Fluorocarbon
Untuk kelebihan kenur fluoro adalah index biasnya yang mendekati index bias air. Index bias air adalah 1.3, sedangkan index bias fluoro adalah 1.42. Ini berarti kenur nyaris tidak terlihat saat berada di dalam air, sehingga umpan seakan-akan melayang alami di dalam air tanpa ada sesuatu pun yang memegangnya. Sebagai pembanding, index bias mono adalah sekitar 1.52.
Sedangkan untuk bahan dasar dari fluoro ini disebut dengan extruded polyvinylidene fluoride. Kelebihan lain dibanding monno adalah daya mulurnya lebih kecil dibanding mono, walaupun tidak sekaku superlines. Kareha (perusahaan induk dari Seaguar yang mengembangkan kenur fluorocarbon) telah menemukan cara agar kenur tetap cukup ‘lunak’ seperti mono biasa, sehingga mudah melakukan casting dengan kenur fluoro ini.
# Kelebihan fluoro dibanding mono adalah :
~ Cepat tenggelam dan tidak menyerap air
~ Efek memori lebih sedikit dibanding mono
~ Lebih kuat dari mono
~ Lebih tahan gesek
~ Lebih tahan UV rays (sinar matahari)
# Kekurangannya
~ Yang jelas lebih mahal harganya kawan dari mono
~ Belum tentu setiap toko pancing punya stok
Kapan kita menggunakan fluorocarbon…?
Kenur ini memang di buat untuk meningkatkan persentase umpan disambar, karena sifatnya yang nyaris tidak terlihat di air. Jika Kawan memancing di perairan yang ikannya gampang curiga, maka inilah kenur yang Kawan cari. Kelebihan lain kenur ini juga lebih cepat tenggelam di air dan tingkat ‘mulurnya’ tidak seperti mono biasa, dan kenur ini cukup sensitif. Salam gomancing.com

Stop Thinking … Start Fishing…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *