Macam Macam Ikan Air Tawar Dan Ikan Laut Untuk Kegiatan Mancing

Bagi pecinta kegiatan mancing pastilah sangat menarik untuk mengetahui macam macam ikan air tawar dan ikan laut yang menambah pengetahuan dan juga menjadi referensi bagi para pemancing sebelum mereka melakukan action di laut maupun di daerah air tawar.

Dan pada kesempatan kali ini para pembaca GoMancing.com bisa mengetahui apa saja macam macam ikan air tawar dan ikan laut, tentu hal ini sangat menarik dan membuat kita menjadi lebih kaya akan pengetahuan ikan yang tersebar di seluruh perairan di Indonesia.

Dan berikut ini adalah deskripsi lengkap mengenai ikan, baik yang berada di air tawar maupun di laut.

Macam Macam Ikan Air Tawar

Sebenarnya ada banyak jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia, hanya saja kita akan membagikan 4 jenis ikan yang paling sering ditemukan dan mudah untuk didapatkan. Berikut ulasannya.

  1. Ikan Tawes

Ikan jenis ini sangat mudah dan sering ditemui disepanjang perairan tawar di seluruh Indonesia. Kita bisa menemuinya di danau maupun di sepanjang sungai. Sedangkan untuk bentuknya, ikan ini tergolong ikan yang cukup kecil, tidak begitu besar namun tentu enak untuk dimakan. Nah untuk Anda yang ingin mendapatkan ikan tawes ini tak perlu kesulitan dalam memancing karena Anda bisa memancing baik siang maupun malam hari.

Macam Macam Ikan Air Tawar ikan tawes
Ikan Tawes

Nah untuk referensi berikutnya Anda bisa menggunakan beberapa macam umpan diantaranya cacing, lumut maupun pelet. Ikan ini hidup berkelompok dan cukup mudah untuk mendapatkannya asalkan Anda cukup pandai dalam memberikan umpan dan mencari letak ikan tawes tersebut berkumpul.

  1. Ikan Kakap Hutan
Macam Macam Ikan Air Tawar ikan kakap hutan
Ikan Kakap Hutan

Mungkin kita lebih familiar dengan ikan Kakap Laut, nah kali ini kita akan memperkenalkan ikan Kakap Hutan yang ternyata hidup di air tawar dan tersebar disepanjang perairan Indonesia. Ikan jenis ini lebih banyak ditemukan di sungai dan ukuran tubuhnya cukup besar, yaitu bisa mencapai hingga 8 kg loh. Ikan Kakap Hutan termasuk dalam golongan ikan predator yang bisa kita dapatkan baik siang maupun malam hari. Untuk mendapatkan ikan ini lebih baik jika Anda memancing di musim kemarau.

Kakap Hutan ini memakan ikan yang lebih kecil, jika dilihat secara detail, wajah dari ikan ini memang cukup menyeramkan dan mungkin ini merupakan salah satu tanda bahwa ikan tersebut adalah predator air tawar. Nah untuk Anda yang ingin mendapatkan ikan ini bisa menggunakan umpan seperti cacing atau udang hidup dengan ukuran sedang.

  1. Ikan Mas
Macam Macam Ikan Air Tawar ikan mas
Ikan Mas

Pasti Anda semua kenal dan sangat mengerti mengenai ikan yang satu ini, apalagi banyak orang yang memelihara jenis ikan Mas. Selain cantik bentuknya, ikan ini pun cukup jinak dan bisa dijadikan sebagai peliharaan yang menghiasi rumah. Ikan mas sebenarnya bisa kita temui di beberapa kawasan perairan tawar dan kita bisa menggunakan cacing atau pelet sebagai umpannya. Ikan mas termasuk pemakan segala, baik itu tumbuhan maupun ikan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya. Hanya saja kebanyakan orang kurang tertarik untuk mendapatkan ikan mas, karena kita sudah terbiasa melihat ikan ini dijajaran toko ikan hias.

  1. Ikan Nilem
Macam Macam Ikan Air Tawar ikan nilem
Ikan Nilem

Bagi pecinta kegiatan mancing pastilah sudah mengenal jenis ikan yang satu ini, ikan ini mudah ditemui diseluruh wilayah Indonesia, terutama di danau atau sungai yang cukup banyak airnya. Ikan ini lebih banyak mengonsumsi lumut dan tanaman air lainnya. Jika memang Anda ingin mendapatkan ikan yang satu ini, alangkah baiknya jika melemparkan umpan disiang hari, Anda pun bisa menggunakan tumbuhan seperti lumut atau cacing untuk dijadikan umpan. Salah satu ciri unik dari ikan nilem ini adalah terdapat sungut atau semacam kumis tepat di area mulutnya.

Macam macam Ikan Laut

Setelah mengetahui beberapa jenis ikan air tawar yang bisa dijadikan sebagai sasaran umpan untuk memancing, kini kita beralih untuk belajar tentang ikan yang berada di laut dan seringkali dipancing. Penasaran? Yuk ikuti penjelasan dibawah ini.

  1. Ikan Barragas

Tahukah Anda jika ikan laut yang satu ini berat maksimumnya bisa mencapai hingga 680 kg ? Wow !! Luar biasa besar yah, wah kalau memancing ikan seperti ini berarti kita harus menggunakan umpan yang besar pula yaa. Tempat tinggal ikan barragas ini menyebar di beberapa benua dan sering ditemukan di beberapa negara termasuk Indonesia. Ikan ini hidup dilaut lepas dan tempat tinggalnya berada di dalam bukit laut. Jika ingin mendapatkan ikan jenis ini, Anda harus menyiapkan cumi-cumi sebagai salah satu umpannya. Ikan ini biasanya sering muncul di siang hari, untuk ciri fisiknya tubuh ikan ini berwarna biru gelap sehingga menyerupai air laut.

  1. Ikan Marlin
Macam macam Ikan Laut ikan marlin
Ikan Marlin

Ada begitu banyak jenis ikan marlin, mungkin penamaan itu disesuaikan dengan warna tubuhnya, karena ada yang dijuluki sebagai ikan black marlin, white marlin bahkan juga silver marlin. Ikan ini juga termasuk ikan yang cukup besar dengan berat badan maksimum mencapai 863 kg.

Ikan ini pun banyak ditemui di beberapa negara yang memiliki iklim tropis maupun subtropis. Di Indonesia sendiri kita bisa menemukan ikan marlin ini, hanya saja kita harus berani menjelajah laut hingga ke tengah. Lebih spesifiknya ikan ini biasa hidup di air laut yang memiliki temperatur sekitar 21 hingga 30 derajat celcius. Jika memang ingin memancing ikan ini, Anda bisa menggunakan umpan seperti ikan tuna segar. Sedangkan untuk warna tubuh cukup bermacam-macam. Ada yang berwarna hitam pekat, biru gelap hingga warna putih atau silver. Ikan ini pun sering mengiringi kapal yang lewat sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya.

  1. Ikan Marlin Biru

Setelah diatas kita belajar tentang macam-macam ikan marlin, kini ada pula jenis ikan marlin biru yang ternyata ukurannya jauh lebih besar bahkan bisa mencapai ribuan kg. Seperti namanya, ikan ini didominasi dengan warna biru agak gelap serta terdapat sirip cantik yang juga berwarna biru.

Macam macam Ikan Laut ikan marlin biru
Ikan Marlin Biru

Jika memang Anda penasaran dengan besarnya ikan yang cantik ini, Anda bisa mendapatkannya di perairan Indonesia. Ikan marlin biru biasa hidup di laut lepas, mereka sering bersembunyi di pegunungan laut yang cukup dalam. Untuk mendapatkan ikan ini Anda harus menyiapkan umpan seperti tuna segar maupun ikan tenggiri.

  1. Ikan Marlin Bergaris

Memang diakui cukup banyak jenis ikan Marlin yang tersebar diseluruh perairan laut, bukan hanya di Indonesia saja melainkan juga di negara-negara lain seperti kawasan Eropa, Amerika hingga Selandia Baru. Diantara ikan marlin lainnya, ikan marlin bergaris inilah yang paling kecil berat badannya, karena hanya berkisar sampai 250 kg saja. Tubuhnya dipenuhi dengan garis biru yang menyebabkan orang-orang menjulukinya sebagai ikan marlin bergaris.

Macam macam ikan laut marlin bergaris
Ikan Marlin Bergaris

Ikan ini bisa dengan mudahnya ditemui dikawasan yang memang terdapat banyak cumi maupun tuna sebagai mangsanya. Jadi jika ingin memancing ikan marlin bergaris Anda harus menyiapkan umpan ikan tuna maupun cumi segar.

Demikianlah informasi yang cukup banyak dan kaya akan pengetahuan mengenai macam macam ikan air tawar dan ikan laut yang bisa membuat kita lebih mengerti dan mengenal berbagai macam jenis ikan di perairan yang berbeda.

Sumber : Wikipedia Marlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *