Tahukah Kamu Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Tubuh ?

Kita seringkali takjub dengan apa apa yang tersedia dialam dan begitu lengkapnya dengan segala fungsi, manfaat dan kegunaannya. Sama halnya dengan ikan gabus yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. karena ternyata ikan yang hidup di sungai ataupun dirawa-rawa ini memiliki begitu banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Terlebih lagi manfaat ikan gabus cukup baik untuk memperbaiki kondisi tubuh kita.

Manfaat Ikan Gabus gomancing

Berdasarkan penelitian, ikan gabus pun memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan bisa memenuhi kebutuhan dalam tubuh. Sayangnya banyak orang yang belum familiar dengan ikan yang satu ini atau malah tidak suka dengan dagingnya. Nah untuk menjawab penasaran Anda mengenai manfaat ikan gabus berikut ini kami bagikan informasi lengkapnya.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Gabus kecil

Ada beberapa manfaat dari ikan gabus yang kita konsumsi dan berdampak baik bagi pertumbuhan dalam tubuh diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Bila Anda ingin selalu prima dan sehat, maka tak ada salahnya jika rutin beberapa kali mengonsumsi ikan gabus dalam 1 minggu. Paling tidak ya cukup sekali saja sudah bagus, karena ternyata kandungan gizi dalam ikan gabus bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga lebih kebal dengan berbagai bakteri ataupun virus. Terlebih untuk Anda yang memiliki kesibukan padat. Hal ini disebabkan karena dalam ikan gabus terdapat banyak vitamin A serta zat kalsium yang berguna membuat tubuh menjadi lebih kuat.

  1. Menyehatkan Tubuh

Tahukah Anda bila dalam 1 ekor ikan gabus dipenuhi dengan protein kolagen yang bahkan lebih baik dari protein ikan lainnya ? Dengan begitu kita akan lebih sehat dan kebutuhan akan protein pun bisa dipenuhi dengan baik. Karena ada banyak manfaat protein kolagen untuk tubuh kita. Jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumi ikan gabus segar dan masaklah dengan benar sehingga kita pun bisa selalu sehat dengan kebutuhan nutrisi yang lengkap.

  1. Mendukung Pertumbuhan Otot

Setelah adanya data menyebutkan bahwa tingkat protein dalam ikan gabus lebih besar dibandingkan ikan tawar sesamanya atau bahkan protein ayam dan sapi. Bisa dibayangkan bila Anda memberikan asupan nutrisi ikan gabus ini kepada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Pastilah mereka akan senantiasa sehat dan tidak akan kekurangan protein, terlebih lagi kandungan protein ini mendukung pembentukan serta pertumbuhan otot sehingga lebih sehat dan lebih kuat.

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan

Dalam tubuh dibutuhkan banyak cairan, sekali kekurangan maka akan terjadi hal-hal yang berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Nah didalam ikan gabus ini terdapat zat albumin yang ternyata bisa membuat cairan dalam tubuh jauh lebih seimbang dan bisa memenuhi semua kebutuhan selama beraktivitas.

  1. Baik Untuk Anak Autis

Jika memang Anda memiliki anak atau saudara yang autis, alangkah baiknya rutin diberikan menu makanan dari ikan gabus. Kandungan vitamin serta zat gizi lainnya sangat baik untuk pertumbuhan anak autis tersebut. Sambil menjalani proses penyembuhan, menu makanan pun perlu diperhatikan, salah satunya dengan menyajikan menu ikan gabus.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesembuhan

ikan-gabuss

Ternyata ikan gabus juga dipercaya dan telah terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka atau mengobati penyakit tertentu. Dan berikut ini paparan lengkapnya.

  1. Menyembuhkan Gizi Buruk

Jika ditemukan anak atau seorang yang memiliki gizi buruk, alangkah baiknya langsung diberikan ikan gabus yang sudah dimasak dengan baik, karena ternyata beberapa nutrisi dalam ikan gabus langsung bisa mengembalikan fungsi serta kinerja organ tubuh kita. Apalagi nutrisi yang cukup lengkap itu bisa memenuhi semua kebutuhan gizi dari yang paling kecil hingga kebutuhan yang banyak.

  1. Menyembuhkan Luka

Setelah kita tahu bahwa kandungan protein dalam ikan gabus cukup tinggi serta adanya zat gizi albumin yang cukup banyak membuat ikan gabus bisa membantu mempercepat kesembuhan luka seseorang. Karena sudah banyak orang yang mengonsumsi ikan gabus dan tidak lama setelah itu lukanya kering dan sembuh. Selain bisa menyembuhkan luka biasa, ikan gabus juga bisa mempercepat kesembuhan luka setelah menjalani operasi.

Hal ini pun sudah dibuktikan oleh masyarakat kita yang sudah melakukannya dan membuktikan sendiri betapa bermanfaatnya ikan gabus bagi kesehatan. Terlebih lagi ikan gabus yang kaya albumin itu mampu mengurangi pembengkakan dalam tubuh, misalkan karena luka ataupun operasi.

  1. Menu Sehat Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Tahukah Anda jika dengan mengonsumsi ikan gabus kita bisa mempercepat kesembuhan penyakit tertentu ? Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi ikan gabus, namun tak lupa juga harus didampingi dengan saran dokter. Penyakit yang bisa diobati dengan ikan gabus diantaranya adalah tipus, hepatitis, stroke hingga diabetes.

Namun yang perlu diingat adalah kadar mengonsumsi yang wajar, dengan begitu semua nutrisi dalam ikan gabus bisa menyembukan sakit yang ada didalam tubuh.

manfaat-ikan-gabus

Tak heran jika ada banyak manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan. Dengan sekali makan 1 ekor saja kita sudah mengonsumsi nutrisi seperti vitamin A, kalsium, fosfor, albumin, protein, lemak hewani dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *