HEBOH!!! Rumpon Lokasi Mancing Ikan Talang – Talang Pamekasan Madura

Rumpon Mancing Ikan Talang Talang Pamekasan Madura

Pada tanggal 1 oktober 2016 atau saat malam tahun baru hijriah, kawan – kawan Gomancing berangkat ke Pulau Madura tepatnya di daerah Pamekasan Madura dengan tujuan untuk mancing ikan talang talang yang cukup terkenal disana. Kami pun start memulai perjalanan dari Pondok Candra Sidoarjo tepatnya  jam 11 malam, karena kawan – kawan banyak aktifitas mulai dari kerja hingga acara kondangan. Rencana kami pun berangkat ramai – ramai bersama tetapi kawan – kawan banyak halangan, sehingga yang ikut ke Pamekasan hanya empat orang mulai dari Tebo, Ujeck, Jj-Noer, hingga Iwan. Dengan Keempat personil itu tidak mematahkan semangat kawan – kawan Gomancing.

spot mancing ikan talang talang kota pamekasan

Selama perjalanan di Surabaya dan Madura cuaca nya pun cukup dingin di karenakan sempat terjadi hujan, Setibanya di daerah Monumen Arek Lancor kami pun berhenti sejenak di sebuah warung  untuk makan dan minum kopi sambil istirahat sejenak dan membungkus nasi untuk mancing di tengah laut spot mancing ikan Talang talang, tidak lama kemudian kami melanjutkann perjalanan menuju lokasi mancing. Setibanya di lokasi kamipun mencari Minimarket yang buka 24 jam untuk membeli minuman, rokok dan camilan untuk di bawah di atas perahu.

Setelah tiba di rumah nelayan tepatnya jam 02 : 15 kamipun memarkir kendaraan kami di daerah rumah nelayan yang punya perahu, kebetulan di daerah rumah nelayan ada gubuk yang kelihatanya nyaman kawan – kawan kamipun berebut untuk istirahat di gubuk tersebut. Tidak lama kemudian suara Adzan Subuh berkumandang Bapak nelayan pun membangun kan kami untuk bersiap – siap untuk memancing, setelah Subuhan kawan – kawan menyiapkan  peralatan (Tackle) untuk memancing tak sampai lama bapak nelayan pun memanggil kami untuk berangkat.

Untuk peralatan mancing ikan Talang Talang di Daerah spot pamekasan kamipun memakai joran yang ukuran Light Jigging dengan speak ukuran PE 1 – 3 dengan jig max 150 gram, untuk Senar atau PE kami pun memakai ukuran 2 – 3, Leader ukuran 40 Lbs –  60 Lbs usahakan memakai yang Fluorocarbon, dan untuk umpan metaljig ukuran 30 gram – 60 gram, untuk Reel gunakan ukuran type 3000 sampai 5000,untuk spot laut di Pamekasan dalamnya kurang lebihnya hanya 40 meter.

spot mancing ikan talang talang pamekasan

Setelah 1 jam Perjalanan dari darat ke spot laut pamekasan kami pun memulai menurunkan alat pancing kami, dengan memulai Teknik Dasaran (bottom) hingga Teknik jigging kamipun belum menemukan titik terang strike Ikan, tak lama kemudian salah satu kawan kami Iwan strike Ikan Securisi  yang di sebut di kalangan pemancing Surabaya dan sekitarnya dengan Teknik Bottom, setelah Tiga jam masih belum ada titik terang kawan – kawan kamipun sepakat untuk pindah spot.

spot mancing ikan talang talang pamekasan2

Selama perjalanan  kurang lebihnya setengah jam dengan cuaca yang sangat panas nya Bapak yang punya Perahu menemukan spot Kapal Karam dengan menggunakan alat GPS nya, kawan kamipun sempat ragu kenapa..?? Karena di daerah spot Kapal Karam tersebut banyak nelayan yang mancing menggunakan Teknik Troling dengan bolak – balik memutar di daerah perahu sekitar kita. Tidak lama kemudian kawan – kawan kami melihat seekor Ikan Marlin menari – nari di atas permukaan laut dan menjadi semangat bagi kami, dan  para nelayan Trolling tersebut menyuruh untuk  memajukan sedikit perahu kami,trus di lihat lagi alat GPS nya kebetulan posisinya pas di atas rumpon kapal karam. Kami pun bergegas melemparkan pancing masing – masing mulai dari Teknik Bottom hingga Jigging. Kebetulan yang di sambar Ikan Talang – talang memakai teknik jigging salah satu teman kami Jj-Noer kami semua pun merubah memakai teknik Jigging, strike pun mulai rame tarikan ikannya mulai dari umpan metaljig yang belum menyentuh dasar laut sudah di sambar Ikan,sampai – sampai double strike pula hehehe… Untung nya banyak Ikan yang lepas atau Mocel dan  nelayan yang memakai teknik Trolling, Ikan yang kami pancing di daerah spot tersebut masih banyak dan tidak henti – hentinya strike ,sampai  kawan – kawan kami kehabisan stock metaljig yang nyangkut dan hanya membawa umpan metaljig yang sedikit di rubahlah memakai umpan metaljig jenis spuun ukuran 15 gram si Ikan Talang – talang masih tetap tidak berhentinya memakan umpan mainan kami.

ujeck strike di spot mancing ikan talang talang pamekasan

jj noer spot mancing ikan talang pamekasan

Tak lama kemudiankurang lebihnya jam 2 siang  cuaca tidak mendukung di daerah spot tersebut dengan angin yang kencang di sertai gelombang  air laut dan awan yang berubah menjadi gelap, dengan di sertai hujan gerimis mulai datang kami pun sepakat mulai bergegas pulang, sesampai di pinggir laut kamipun di sambut warga Bapak nelayan dan warga sekitar karena takut terjadi yang tidak di inginkan kita semua, alhamdulillah kami satu perahu selamat sampai darat karena diperjalanan gelombang air laut pun sangat besar sampai – sampai perahu berjalan cukup hati – hati. Ternyata memang benar prediksi BMKG gelombang datang kurang lebih jam 2 siang.

hasil tangkapan spot mancing ikan talang pamekasan

Untuk para kawan – kawan mancing selalu lah waspada dan mohon sebelum berangkat cobalah membuka internet masuk ke situs BMKG agar bisa melihat prediksi cuaca. Semoga sedikit informasi dari Gomancing bermanfaat bagi kita semua para kawan – kawan mancing. Tonton juga video kami dibawah ini:

4 thoughts on “HEBOH!!! Rumpon Lokasi Mancing Ikan Talang – Talang Pamekasan Madura

• December 27, 2016 at 3:21 pm
    Permalink

Bos…. klo mancing lagi …. ana bisa gabung dong… selanjutnya ada rencana trip ke mana?

• March 7, 2017 at 5:17 pm
    Permalink

Di Madura baru masuk kemarau, kapan om mancing di Pamekasan lagi