Rig Ketapang Madura Bergejolak

Rig Ketapang Madura Bergejolak

Pulau Madura memang pantas di bilang surganya para pemancing Surabaya dan sekitarnya, pulau Madura merupakan sebuah pulau yang di kelilingi laut mulai dari Bangkalan, Pamekasan, sampang sampai sumenep. Di desa Sapoloh tepatnya di kabupaten Bangkalan ini, kawan-kawan Gomancing.com mencoba mencari keberuntungan di spot Rig Ketapang, sebelumnya di dermaga Sapolo banyak perahu yang menyediakan jasa sewa perahu beserta kapten dan krunya,spotnya pun banyak mulai dari Rig 3 hingga 9, bahkan Rig Ketapang.

gomancing.com rig ketapang madura pelabuhan
Dermaga Sapolo Bangkalan Madura

Sebelum mengulas tentang cerita di spot Rig Ketapang ada baiknya kita mencoba perlu tau dan nambah wawasan kawan apa sih Rig itu…? coba kawan klik link https://id.wikipedia.org/wiki/Rig_pengeboran semoga bisa menambah wawasan kita bersama kawan. Sabtu tanggal 20 mei 2017 kawan-kawan gomancing.com berangkat jam 1 siang dari surabaya setibanya di dermaga Sapolo jam 5 sore kami pun bergegas menyiapkan peralatan mancing tidak lama kemudian bekal-bekal makanan dan peralatan kami di angkut oleh ojek perahu, perjalanan untuk menuju spot Rig Ketapang inipun kurang lebihnya 4 jam perjalanan dari darat ke spot tersebut. Start jam 6 sore perahu pun melaju kencang untuk menuju lokasi pemancingan alhamdulillah perahu pun cukup besar mampu menampung sepuluh Angler dan dua orang kapten beserta temannya,

Tepat jam 10 malam kami pun tiba di lokasi sesuai perkiraan 4 jam perjalanan, kawan-kawan Gomancing.com bergegas melempar joran yang sudah di kasih umpan Metaljig ke laut alhasil sekali lempar langsung strike bergantian, apalagi Kapten Untung selaloe sangat luar biasa teknik mancingnya dia mampu memberi motivasi kepada kawan-kawan kami. Ow iya… untuk teknik mancing yang bisa di gunakan di spot Rig Ketapang ini bisa menggunakan teknik dasaran,jigging dan popping, untuk recom saat malam hari lebih baiknya gunakan teknik jigging dengan cara fast jigging atau di spedd kawan.

gomancing.com rig ketapang madura suasana ikan

gomancing.com rig ketapang madura ikan

gomancing.com rig ketapang madura
Hasil tanggkapan di Rig Ketapang Madura

gomancing.com rig ketapang madura suasana ikan tangkapan

Untuk umpan bisa menggunakan Udang hidup,ikan atau cumi di potong kecil-kecil, untuk lure metaljig bisa menggunakan ukuran antara 30 gram hingga 100 gram itupun terggantung arus bawahnya kawan, yang umum di gunakan di spot Rig ketapang 30 gram sampai 60 gram.Ikan pun di sini bermacam-macam kawam mulai dari ikan Giant Travelly,Tenggiri,Baracuda,dll

gomancing.com rig ketapang madura suasana
Suasana di laut Rig Ketapang Madura

gomancing.com rig ketapang madura suasana 2

Untuk info perahu sapolo KM Birunya Cinta Kapten Untung Selaloe no Hp: 0823-3150-6078, siap mengantar ke spot potensial dan rasakan sensasi predator Sapolo

gomancing.com rig ketapang perahu untung ikan tuna

 

gomancing rig ketapang perahu untung km birunya cinta

gomancing.com rig ketapang perahu untung ikan GT
Kapten Untung Selaloe Sapolo Madura

Owh iya kawan…. Alangkah baiknya kita mempelajari aturan tata cara mancing di Rig demi keamanan kita bersama sesama Angler

Beberapa RIG di Indonesia melarang untuk kapal pemancing/nelayan berada dibawahnya.
karena terdapat beberapa bahaya sebagai berikut:

1.Gas beracun (H2S), terdapat pada drilling RIG. (sedang berlangsung pengeboran)
Pengeboran minyak/gas dapat menembus formasi (lapisan bumi) yang terdapat gas beracun (H2S), gas beracun tersebut dapat naik ke rig (permukaan) melalui lubang yang dibor,sesampainya diatas gas beracun tersebut akan terbang terbawah angin, dan selalu mencari permukaan yang lebih rendah (karena gas H2S lebih berat dari udara),artinya gas akan turun sampai di permukaan laut,(tempat kapal pemancing/nelayan berada), dengan konsentrasi gas yang tinggi gas beracun tersebut akan membunuh para pemancing/nelayan yang berada di bawah rig tersebut.

2.Semburan gas liar, terdapat pada drilling RIG.
Semburan gas liar,maksudnya tekanan gas yang sangat besar dari dalam sumur menuju permukaan,yang dapat teratasi,dan ada juga yang tidak dapat diatasi,yang tidak dapat diatasi dapat menyebabkan RIG tersebut hancur terbakar dan tenggelam,apa yang terjadi jika ada kapal pemancing/nelayan di bawah rig tersebut.

3.Jalur pipa bawah laut.terdapat pada rig (platform) produksi.
Pipa dibawah laut dibuat untuk mendistribusikan minyak/gas dari rig yang sedang berproduksi (platform) menuju ke tempat penyulingan minyak/gas di darat,kapal2 yang mampir di RIG tersebut tidak boleh sembarangan membuang jangkar di sekitar RIG,jangkarnya bisa jatuh tepat diatas pipa2 distribusi.

4.kejatuhan benda dari atas RIG.
100% semua RIG dan peralatannya terbuat dari besi jadi potensi untuk besi/benda lainnya jatuh ke kapal pemancing/nelayan sangatlah besar.

Di bawah RIG memang buanyak ikannya..tapi memancing di bawah RIG ada juga bahayanya,
~ Untuk posisi kapal jangan terlalu dekat dengan RIG,
~ hindari memancing pada RIG yang sedang melakukan pengeboran,ciri-ciri  RIG yang sedang melakukan pengeboran,RIG tersebut masih terdapat menara bor nya.
~ jika ALARM pada RIG tersebut berbunyi segeralah menjauh.
Utamakan faktor Keselamatan
Semoga bermanfaat sedikit cerita kami dari Rig Ketapang  tetap utamakan keselamatan bersama salam Gomancing.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *