Serunya Mancing Ikan Barramundi di Tambak Tlocor Sidoarjo

Sebelum kita membahas apa saja yang ada di Spot Mancing Tambak Tlocor Sidoarjo, kita mengulas dulu kota Sidoarjo. Mungkin Sidoarjo terkenal dengan Lumpur lapindo, lumpur lapindo merupakan sebuah bencana alam yang awalnya dimulai dengan peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran. Lapindo Brantas Inc. di dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo sejak tanggal 29 Mei 2006. Semburan lumpur tersebut terus meluas hingga akhirnya menenggelamkan beberapa kawasan pemukiman dan perindustrian di tiga kecamatan sekitarnya.

lapindo tambak tlocor sidoarjo
Penampakan Lapindo dari atas

Namun seiring perkembangannya, Lumpur Lapindo kini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Sidoarjo. Semburan lumpur berasap yang kini mesih mengepul di tengahnya menjadi daya tarik tersendiri. Ketika di atas tanggul, wisatawan bakal melihat hamparan air yang luas dan kepulan asap tepat di tengahnya. Nggak heran bila sebagian warga menyebutnya wisata ‘Waduk Berasap’. Meski demikian kamu harus tetap berhati-hati dan menjada jarak jika mengunjungi tempat ini sebab lumpur lapindo dapat menyembur sewaktu-waktu.

Tapi bagi kawan – kawan pemancing, Sidoarjo terkenal dengan Spot mancingnya yaitu Tlocor yang banyak di kenal dengan tarikan ikan Barramundi ( Ikan Kakap Putih ) nya atau ikan Cukil, sampai Tambak Tlocor Sidoarjo banyak di datangi komunitas mancing mulai dari Maguro hingga Mata Pancing MNC TV. Posisi Tlocor  ini berada di Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon Sidoarjo, atau dari jembatan kali Porong lurus ketimur. Di daerah Tlocor inipun juga ada tempat wisatanya yang di namakan Wisata Bahari Tlocor dan Pulau Sarinah. Pemandangan di spot Tambak Tlocor Sidoarjo pun sangat lah indah dengan udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi,kebanyakan petani tambak disana bertani Rumput laut dan Udang Windhu.

tambak tlocor sidoarjo waktu pagi
Suasana Tambak Tlocor Sidoarjo Waktu Pagi

Spot di Tlocor inipun Ikan Barramundi nya lumayan besar ikan tersebut bisa mencapai 5kg lebih yang di tambak, mengapa…?? karena di tambak tersebut yang di panen hanya Rumput laut nya saja kebanyakan di daerah tersebut, sehingga ikan barramundi tersebut lumayan besar – besar.

Dari Kawan – kawan Gomancing.com setelah lebaran bulan Juli kami pun berangkat dari Surabaya ke Tambak Tlocor Sidoarjo sambil silaturahmi dengan kawan – kawan, keberangkatan kamipun di mulai jam 8 malam tiba di lokasi kurang lebihnya jam 10 malam,karena sambil beli udang untuk mancing di Tlocor dan sampai penyeberangan tambang kali Porong cuaca nya hujan pula, tapi semua itu tidak  mematahkan semangat kawan – kawan mancing. Asyik di spot tambak telocor jalannya sudah di paving jadi memudahkan jalan bagi petani tambak rumput tersebut dan kawan – kawan mancing hehehe….!!!

panen rumput laut tambak tlocor sidoarjo
Gambar hasil panen rumput laut ambil dari link jawa pos

Setiiba di lokasi hujan pun sudah redah,kami pun memulai memancing.Ada pula teman kami yang istirahat di gubuk,  di spot Tlocor yang sering di pakai teknik memancing adalah teknik koncer dengan umpan Udang hidup atau bisa juga memakai teknik jeblug memakai pemberat. Untuk mencari sensasi strike bisa juga memakai teknik Casting menjadi salah satu teknik favorit di spot Tlocor.

teman kami budi ketiduran di tambak tlocor sidoarjo

Salah satu teman dari kami  Erick Barramundi pernah menginap sampai 2 malam di spot Tlocor sehingga sampai hafal daerah tersebut dan teknik apa yang harus di pakai waktu di pagi hari atau malam hari sampai – sampai teman kami di juluki Erick Barramundi.Menurut Erick Barramundi teknik Casting lah yang sensasi nya luar biasa di Tlocor dengan umpan casting Mini popper,Lure top water hingga minnow spoon softlure.

erick dan ikan barramundi hasil tangkapan erik di tambak tlocor sidoarjo
Teman Kami ERICK dan Barramundi Hasil Tangkapannya di Tambak Tlocor Sidoarjo

Beberapa contoh foto – foto spot mancing dan perolehan di Tlocor Sidoarjo :

siang hari di tambak tlocor sidoarjo

suasana siang di tambak tlocor sidoarjo

jj noer dan barramundi hasil tangkapan tambak tlocor sidoarjo
Jj Noer dengan hasil tangkapanya

jj noer memamerkan tangkapan tambak tlocor sidoarjo

 

 

 

 

Save

5 thoughts on “Serunya Mancing Ikan Barramundi di Tambak Tlocor Sidoarjo

  • December 12, 2016 at 6:23 pm
    Permalink

    Mohon maaf sebelumnya.. kalau di tambak tlocor di samping rumput kebanyakan budidaya ikan banding petani disana banyak yg mengeluh karena banyk pemancing yg memakai teknik castng lebih sopan ijin dulu kpd yg pengelola tambak… jgn asal mancing

    Reply
  • March 12, 2017 at 7:23 am
    Permalink

    Maaf tolong dishare jg mas titik koordinat mapsnya,biar yg gk pernah ke Tlocor ky sya bisa ngerasain tarikan baramundinya

    Reply
  • August 28, 2017 at 4:45 am
    Permalink

    lhoooo. mas erick terkenal. hahahaha

    Reply
    • September 8, 2017 at 2:15 pm
      Permalink

      Salam buat mas erick mas

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *