Ketahui Cara Mancing Ikan Kerapu di Muara (Maknyuss Rasa Ikannya!!!)

Sebelum kita membahas Cara Mancing Ikan Kerapu di Muara, ada baiknya kita sedikit mengenal dulu Ikan Kerapu. Ikan Kerapu (atau yang biasa dikenal diluar negeri dengan nama Grouper Fish) adalah ikan air laut yang termasuk ke dalam keluarga Epinephelinae dengan beberapa species di dalamnya atau bergerombol biasanya. Ikan ini biasa menjadi menu favorit di restoran atau depot seafood karena memiliki karakter daging yang lembut dan gurih, cara masaknya pun bermacam – macam mulai di goreng atau di bakar dan lain sebagainya memasaknya rasanya pun tetap makyuuusss hihihi…!!!

gomancing com cara mancing ikan kerapu muara ikan

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangkap ikan kerapu. Selain menggunakan jala, kawan pun bisa memancingnya langsung. Bahkan aktivitas memancing ikan kerapu ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi saat ikan ini memakan umpan pada  mata kail kita, kawan pun harus benar – benar siap berjuang melawan ikan Kerapu ini karena apa…? takut nya ikan ini langsung lari kedalam karang dan mata kail kita pasti akan nyangkut ke karang atau di bebatuan rumpon yang di buat oleh manusia, sensasi tarikan ikan inipun luar biasa!

Ciri – ciri ikan Kerapu inipun umumnya banyak ditemukan di perairan yang berkarang. Karakteristiknya yaitu cenderung pendiam, bersifat teritorial, dan jarang sekali pergi berburu. Ikan kerapu hanya akan keluar dari tempat persembunyiannya ketika ia tengah merasa lapar. Ikan Kerapu ini ketika lapar makannya sangat rakus.

Tips – Tips Mancing Ikan Kerapu di Muara

Berikut ini tips – tips  yang bisa Anda terapkan untuk mancing ikan Kerapu di muara :

  1. Menentukan Spot Pemancingan

Untuk habitat alami ikan Kerapu adalah lingkungan perairan yang mempunyai batu-batu karang. Jadi sebaiknya Anda memancing ikan ini di daerah pantai yang berkarang atau dilengkapi rumpon buatan. Misalnya seperti di daerah muara atau dermaga. Sebisa mungkin hindari memancing terlalu ke tengah lautan atau pantai yang hanya berpasir jika ingin mendapatkan ikan ini.

gomancing cara mancing ikan kerapu muara 2

  1. Memakai Umpan yang Menggoda

Ikan Kerapu merupakan ikan yang mengkonsumsi daging atau karnivora. Artinya kawan – kawan mancing hanya bisa mengandalkan umpan mancing  yang berjenis daging-dagingan untuk menarik perhatian ikan ini. Untuk kawan – kawan agar disarankan untuk menggunakan umpan berupa irisan cumi-cumi, udang, atau ikan tongkol sebab ketiganya mempunyai bau amis yang menyengat sehingga mampu menggoda ikan Kerapu yang bersifat pasif ini. Sedangkan untuk umpan hidup, coba pakailah udang, ikan selar, atau ikan jenaha yang masih kecil biasanya lebih agresif ikan Kerapu tersebut.

gomancing cara mancing ikan kerapu muara udang

  1. Teknik Mancing yang Tepat

Para pemancing  biasanya kebanyakan mengaplikasikan teknik casting untuk memancing ikan Kerapu di muara. Setelah menentukan lokasi yang paling ideal, para pemancing akan tetap berada di tepi pantai yang berkarang. Tantangan muncul saat terjadi strike, di mana ikan Kerapu mempunyai tenaga yang cukup kuat dan bentuknya yang membulat bakal terasa sensasi strikenya sangat berat saat ditarik. Bahkan apabila ikan tersebut berhasil menbawa lari umpannya ke dalam karang, tak jarang ikan naik ke atas kita terpaksa harus merelakannya karena menarik kail yang berada di karang mengandung risiko yang tinggi.Oleh karena itu, detik-detik awal saat terjadi strike bakal sangat menentukan kesuksesan kawan  untuk dapat menarik ikan Kerapu tersebut.

gomancing com cara mancing ikan kerapu di muara susilo
Kawan gomancing Cak Susilo strike di Gresik

 

Beberapa kawan – kawan gomancing.com pernah mencoba di spot kota Surabaya di perak , Gresik di manyar, dan Lamongan di daerah delegan dan asdp, hasilnya pun lumayan untuk mancing di pinggiran. Teknik nya pun bermacam – macam mulai dari teknik dasaran ( bottom ), casting dan cast jig. Semoga bermanfaat sedikit cerita dari kami salam gomancing.com

gomancing com cara mancing ikan kerapu muara malam
Kawan gomancing Agus strike di Lamongan malam hari

gomancing com cara mancing ikan kerapu muara

4 thoughts on “Ketahui Cara Mancing Ikan Kerapu di Muara (Maknyuss Rasa Ikannya!!!)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *