Ternyata Mudah Cara Mancing Ikan Sepat, BACA DISINI!!

Mancing Ikan Sepat, MUDAH!!

Sebelum kita mengulas tentang mudahnya cara mancing ikan Sepat, ada baiknya kita membahas sedikit cerita tentang ikan Sepat. Ikan Sepat merupakan ikan yang mempunyai mulut kecil dan habitat hidup nya di air tawar. Nama lain dari ikan Sepat ini ada yang menyebut ikan Sepat Siam.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat siam

Di lain daerah pun Sepat ini juga punya nama tersendiri kawan seperti Sepat Sawah, Sepat Jawa, Sepat Biru, Sepat Ronggeng dan Sapek. Ikan Sepat ini hidupnya bergerombol, Ikan ini biasanya hidup di rawa-rawa, sungai, sawah, bahkan selokan. Karena bergerombol membuat kita sangat gemas ingin menangkapnya kawan.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat gorengan sepat

Ikan Sepat juga enak untuk dimakan sebagai lauk apalagi di goreng  garing dan renyah rasanya mantap coy. Harganya terbilang sangat murah Sepat ini, sehingga kita semua mungkin pernah mencicipinya. Sebenarnya jenis ikan ini sangat banyak bahkan ada yang memiliki warna yang indah sehingga dijadikan sebagai ikan hias di aquarium. Menariknya jika kita lihat sekilas sangat mirip dengan ikan Gurami namun perbedaan mendasar tentu terletak pada ukurannya.

Ikan Sepat memiliki bentuk tubuh yang sangat pipih dibanding dengan ikan tawar lainnya. Mulutnya sangat kecil dan pada umumnya akan memakan zooplankton, krustasea kecil, larva-larva serangga, atau mungkin juga udang-udang kecil, bahkan lumut sawah juga disantapnya. Biasanya ikan Sepat berkumpul di dekat tanaman air seperti kangkung, eceng gondok dan sejenisnya. Karena selain tempat makan, tanaman tersebut juga dijadikan tempat untuk menyimpan telur mereka saat berkembang biak.

Sebelum memulai memancing ikan Sepat, sempatkanlah waktu berkeliling mencari spot ikan dimana Sepatnya keliatan bergerombol banyak. Jangan terburu-buru kawan , santai saja sambil menikmati pemandangan sekitar adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan memancing.

Peralatan Mancing Ikan Sepat

gomancing mudahnya mancing ikan sepat joran 3

Joran Pancing

Guanakan joran bebekan atau tegek mini (mini pole rod) untuk berburu ikan Sepat. Joran ini bisa kita temukan di setiap toko pancing, harganya pun cukup murah dan terjangkau. Selain simple karena bisa dilipat tegek juga mempunyai kelebihan lain yaitu kita tidak membutuhkan kelosan/gulungan atau ril penggulung, cukup ikat benang diujung tegek sepanjang tegek tersebut dan langsung bisa digunakan.

Kenapa pakai joran tegek….?? Karena sepat biasa berkumpul di pinggir kita tidak membutuhkan tegek yang terlalu panjang. Ukuran dua meter dirasakan sangat tepat untuk berburu sepat. Makin kecil diameter tegek yang digunakan maka sensasi tarikan ikan Sepat akan lebih terasa. Usahakan joran atau tegek yang digunakan tidak terlalu lentur karena semakin lentur akan semakin sulit bagi kita untuk mengkonversi strike menjadi hook-up.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat line

Line atau Benang

Ukuran Semaki kecil diameter benang (line) yang kita gunakan semakin baik hasil yang akan kita dapat. Karena menggunakan benang diameter besar akan membuat si ikan takut dan ragu-ragu untuk menyambar umpan kita. Apalagi berat seekor Sepat rata-rata tidak lebih dari 20gr, tentunya kita tidak membutuhkan benang dengan kekuatan besar . Benang dengan kekuatan 1 pounds (lbs) atau sama dengan 0.5kg lebih dari cukup untuk berburu sepat.

Apabila di tempat kawan mancing sepat terdapat ikan jenis lain yang berukuran lebih besar dari sepat gunakanlah benang dengan diameter maksimal 0.13 mm yang biasanya memiliki kekuatan sampai dengan 3 pounds (1.5kg). Ukuran 0.13 mm dirasakan belum menakuti sepat sehingga sepat masih mau makan umpan kita.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat mata kail

Mata Kail

Sudah jelas mulut sepat terkenal sangat kecil jelas kita membutuhkan mata kail yang super kecil pula. Bagi daerah yang terbiasa dengan ngabenteur atau Waderan (jawa) rasanya tidak akan sulit untuk mencari mata kali yang super mini ini. Namun jangan lupa kalau benteur/Wader masih bisa dipancing dengan mata kail sampai dengan ukuran 1 kecil, maka Sepat maksimal ukuran kailnya adalah 0.5 kecil. Syukur-syukur kalau anda bisa mendapatkan ukuran 0.1. Sayang tidak semua merk mengeluarkan ukuran ini, kalaupun ada khususnya mata kail impor, para importer jarang yang mau datangkan karena memang jarang sekali peminat untuk membelinya.

Untuk kemahan mata kail ukuran 0.1 adalah sering sekali tertelan sampai tenggorokan sepat, sehingga kita akan sedikit kesulitan mengeluarkan kail dari mulut ikan. Ukuran rekomended untuk mancing sepat adalah 0.3 kecil atau 0.5, memang tingkat keberhasilan hook up tidak setinggi ketika kita menggunakan ukuran 0.1 namun ketika hook up kita juga tidak akan dibuat repot kawan.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat pelampung

Pelampung Sepat

Untuk pelampung usahakan memakai ukuran yang kecil, modelnya pun juga sesuai selera.Namun pelampung berbentuk jarum adalah pelampung yang tepat untuk mancing ikan Sepat, bentuknya yang lonjong membuat pelampung ini sangat sensitif saat umpan ikan menyambar umpan. Gunakanlah pelampung jarum dengan panjang maksimal 5cm.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat timah
Timah Daun

Timah Pemberat

Pakailah timah lembaran atau biasa disebut dengan timah daun, timah seperti ini lebih mudah untuk mengatur tenggelamnya pelampung,gunakan timah daun secukupnya agar bisa menenggelamkan setengah badan dari pelampung.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat rangkaian
Contoh Rangkaian

Rangkaian

Untuk rangkaian ikan sepat sangat sederhana bisa memakai rangkaian dua mata kail, atau satu mata kail atau yang sering di sebut rangkaian Engkel. Karena sepat adalah ikan permukaan (jarang sekali mau makan di dasar) maka biarkan mata kail yang sudah terisi umpan mengambang di tengah-tengah air. Jarak yang ideal adalah 20 cm antara pelampung dan timah, sementara dari posisi timah pemberat ke mata kail cukup 5 cm saja.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat umpan kroto

Umpan Sepat

Mudah sekali jenis umpan yang dapat digunakan untuk mancing ikan Sepat, mulai dari umpan universal atau cacing, ramuan pelet juga bisa dipakai untuk memancing sepat. Namun berdasarkan pengalaman umpan untuk sepat yang paling efektif adalah kroto atau daging udang tawar.

Kroto selalu menjadi menu utama,hal ini disebabkan kroto juga popular sebagai tambahan racikan umpan ikan mas. Sementara apabila anda ingin menggunakan udang cari saja di took-toko ikan mas.Cukup dengan mencantolkan telur kroto yang masih berbentuk lonjong (belum terbentuk menjadi semut utuh) pada mata kail dan lemparkan pada spot yang diinginkan. Sementara untuk pemakaian udang, anda harus mengambil daging udang dan memotongnya sekecil mungkin disesuaikan dengan ukuran mata kail.

Bisa juga kawan pakai umpan kerupuk yang dikasih air sedikit sampai terasa kenyal2 waktu mau diumpanin. Tetapi jangan terlalu banyak airnya, minyak dari kerupuk dapat mengundang ikan Sepat berdatangan.

Ketika pelampung yang sudah kita seting  tenggelam untuk setengahnya bergerak tenggelam full. Inilah kreasinya memancing ikan Sepat  hanya beberapa saat saja kurang dari sekejap mata, untuk itu kita harus memiliki gerak reflex yang kuat. Gentaklah perlahan saja, apabila kreasi strike itu pas maka seekor sepat akan tergantung manis di joran kesayangan anda kawan. Bila kawan  terlambat sepersekian detik saja kawan hanya akan mengangkat kail dengan umpan yang sudah rusak. Segeralah anda harus menggantinya.

gomancing mudahnya mancing ikan sepat 2

Usahakan terus menambah jam terbang dalam mancing ikan Sepat tentunya. Bertambah jam terbang tentu akan menambah pemahaman akan karakteristik memancing sepat. Maka jangan ragu untuk terus berlatih kawan agar bisa menemukan kreasinya.

Rasa kepuasaan atau sensasi  saat memancing tidak selalu berdasarkan dengan ukuran yang kita dapatkan. Namun kesenangan itu bisa kita dapatkan ketika kita bisa memancing berkumpul dengan kawan-kawan mancing. Tentunya sambil bersendagurau dan berbagi cerita, mungkin bisa melepas beban di dunia atau kata lain menikmati hidup hehehe….Salam Gomancing.com

Stop Thinking … Start Fishing…!!!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *