Cara Mancing Udang Galah (Urang Conggah) MUDAH Banget!!

Cara Mancing Udang Galah ( Urang Conggah)

Udang Galah merupakan target buruan para kawan – kawan pemancing di sungai. Di Surabaya para pemancing banyak yang menyebut Udang Galah dengan Urang Conggah. Rasa dari Udang Galah ini sangatlah gurih dan lezat dengan struktur dagingnya yang kenyal,  untuk harga gak kalah mahalnya kawan dengan udang lainnya. Udang jenis ini juga menjadi salah satu menu favorit di hidangan sajian seafood, oleh karena  itu tak khayal banyak orang yang membudidayakan binatang air jenis ini. Dan bahkan boleh dibilang sudah menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup menjanjikan, Dan menjadi sumber penghasilan utama para petani udang galah. Mari kawan kita simak Cara Mancing Udang Galah dibawah ini.

Cara Mancing Udang Galah 1

Untuk habitat Udang Galah ini kita dapat menjumpai udang Galah di perairan air tawar seperti  sungai, danau dan rawa. Udang Galah dapat berpijah di daerah air tawar pada jarak kurang lebihnya 100 km dari muara sungai/laut lalu membiarkan larvanya ikut terbawa oleh aliran sungai mencapai perairan payau dengan resiko kematian yang sangat tinggi. Udang galah ini menyebar di daratan indopasifik mulai dari bagian timur benua Afrika hingga tersesat di kepulauan indonesia Udang Galah tersebut hehehe…. Di Indonesia sendiri, udang galah tersebar luas di daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan, hingga ke Papua.

Beberapa Peralatan Mancing Udang Galah:

~ Joran untuk Mancing Udah Galah

Gunakanlah joran yang mempunyai karakter halus atau  lentur biasanya menggunakan jenis joran seperti yang kita pakai untuk memancing ikan mas, yang lentur dan halus pada bagian ujungnya agar lebih responsif dan sensitif, Anda bisa menggunakan joran dengan panjang  180 cm sampai 210 cm karena biasanya kalau kita memancing udang galah ini akan menggunakan 2 sampai dengan 4 joran sekaligus. Selanjutnya pilihlah joran dengan ring atau cincin yang kecil. (Anda bisa menggunakan joran tegek saat mancing Udang Galah di pinggir sungai atau bisa juga joran tegek yang sudah di modifikasi menggunakan reel).

Joran Cara Mancing Udang Galah

~ Kail atau hook

Gunakanlah mata kail khusus untuk memancing udang ( banyak disediakan di toko-toko alat pancing) , biasanya mempunyai bentuk lebih panjang , tipis dari mata kail biasanya. Untuk mata kail Udang Galah ini bisa juga di modifikasi agar tidak gampang mocel.

Hook Cara Mancing Udang Galah

~ Reel

Pakailah Kerekan penggulung atau reel spinning seperti yang biasa anda gunakan untuk mancing di kolam yaitu dengan ukuran kekuatan 4-8 lbs ( biasanya tertera di joran ). Atau lebih imut lagi pakai lah reel kecil type 200 – 500.

Reel Cara Mancing Udang Galah

~ Senar atau kenur

Untuk senar mancing Udang Galah biasanya kita menggunakan ukuran 2-5 lbs dengan diameter benang 0.20 sampai dengan 0.28 mm.

~ Pemberat atau Timah

Gunakanlah timah atau pemberat dengan bentuk lonjong atau telur, usahakan saat memakai timah posisi nya di mata kail dengan jarak kurang lebihnya 15 cm.

Pemberat Cara Mancing Udang Galah

~ Stopper

Usahakan memakai stopper biar tidak mudah bergeser-geser posisi timahnya saat memancing Udang Galah.

Stopper Cara Mancing Udang Galah

Umpan Mancing Udang Galah

Untuk umpan yang umumnya digunakan untuk memancing udang galah biasanya adalah cacing bakau (cacing laut), cacing tanah, cacing susu, bahkan ada yang menggunakan anakan udang itu sendiri, lebih agresif Udang Galah usahakan memakai umpan cacing laut . Sementara untuk mengebom atau chumming gunakanlah kelapa bakar yang sudah dipecah-pecah, kemudian taburkan di spot mancing Udang Galah tersebut.

Cacing Cara Mancing Udang Galah

Memahami spot mancing dan cara mancing Udang Galah

Beberapa yang harus di ketahui saat mencari spot mancing Udang Galah adalah : Carilah sungai yang struktur berliku, cari dasar sungai tersebut dengan cekungan dimana di situ arus ait ta kelewat santer . Di cekungan tersebut biasanya Udang Galah sering berada bersama gerombolannya. Jika Udang Galah incaran memiliki berat kurang lebihnya 300 gram ke atas biasanya umpan langsung di bawah kabur yang di tandai ujung joran melengkung ke bawah . Sementara untuk ukuran di bawahnya  saat menyambar umpan ujung joran tandanya bergerak ke atas naik turun.

Contoh foto lokasi spot mancing Udang Galah :

Spot Cara Mancing Udang Galah

Spot Sempurna Cara Mancing Udang Galah

Cacing Cara Mancing Udang Galah

Mancing Udang Galah ini benar – benar di butuhkan kesabaran dan perasaan kenapa …? ketika umpan di makan si Udang Galah jangan langsung di gentak sebab akan mengakibatkan mulut Udang robek, tariklah joran perlahan serasa menggulung  reel dimana posisi ujung joran harus di atas dan senar harus tegak lurus di atas permukaan air. Udang Galah saat makan umpan di kail biasanya  akan langsung mundur  kebelakang dan membelokkan tubunhya , apabila joran di hentakkan dengan keras akan menimbulkan mulut Udang robek. Untuk mancing pada saat malam hari bisanya Udang Galah lebih agresif untuk makan umpan tersebut.

Usahakan saat sukses mendaratkan Udang Galah jangan sampai memegang atau menekan ekor Udang sebab udang memiliki kepala dengan sungut yang tajam kayak  jarum sehingga bisa melukai tangan anda.  Salam Gomancing.com

Ujeck Cara Mancing Udang Galah
Ujeck strike Udang Galah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *