Cara Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing

Apakah Anda sedang mencari Cara Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing? Ikan mujair merupakan ikan air tawar yang hidup di perairan yang tenang seperti danau, muara suangai dan rawa-rawa. Mujair sangat disukai hampir semua kalangan, selain citarasanya yang lezat ikan mujair juga memiliki sensasi tersendiri. Ikan mujair memiliki kareakteristik pada bagian tubuh berwarna abu-abu kehitaman.

Cara mancing ikan mujair besar bisa menggunakan umpan seperti udang, cacing, rebon, pelet, teri hingga lumut. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lengkap mengenai cara memancing ikan mujair dengan menggunakan umpan mancing ikan mujair di rawa  yaitu cacing. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis umpan yang satu ini memang sangat diminati oleh jenis ikan air tawar. Oleh karena itu, simak terus ulasan lengkap dibawah ini.

Cara Memancing Ikan Mujair Dengan Umpan Cacing

Menggunakan Joran Berjenis Walesan atau Tegek

Umpan mancing ikan mujair yang pertama adalah menggunakan joran berjenis walesan atau tegek yang memiliki panjang 3-5 meter. Jika dirasa masih terlalu panjang maka bisa menggunakan joran berukuran pendek dan dilengkai dengan reel.

Memasang Pelampung Berukuran Sedang

Teknik mancing ikan mujair selanjutnya adalah dengna memasangkan pelampung yang berukuran sedang serta karet stoppernya di tali line pancing. Ikat dibagian timbel sebagai pemberat poisi agar mata pancing tidak terlalu jauh. Jadi Cara mensettingnya adalah stopper dipasang pada posisi bagian atas setelah itu pasang pelampung tepat dibawahnya.

Menyiapkan Umpan Cacing yang Masih Hidup

Cara Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing adalah pastikan Anda menyiapkan umpan cacing yang masing hidup lalu potong cacing menjadi beberapa bagian supaya mudah dikaitkan dimata kail pancing ikan mujair. Cara memasangnya bisa 3-5 umpan jitu ikan mujair sekaligus disetiap set pancing supaya potensi mendapatkan ikan mujair jauh lebih besar.

Pilih Lokasi Mancing yang Ideal

Cara Memancing Ikan Mujair dengan Umpan Cacing juga harus mempertimbangkan lokasinya. Pastikan Anda memilih lokasi untuk memancing yang ideal adapun lokasi tersebut berada di lingkungan perariran yang banyak ditumbuhi tumbuhan air serta perairan yang tenang.

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari memancing di tempat yang airnya keruh, hal ini lantaran mayoritas ikan mujahir tidak menyukai air yang tampak keruh. Setelah itu, lempar mata kail umpan jitu ikan mujair liar sejauh mungkin dibagian tengah perairan, dimana mayoritas ikan mujahir ada di dalamnya.

Menyiapkan Tarikan yang Terasa Berat

Cara Memancing selanjutnya adalah Anda jangan kaget karena umpan cacing umumnya lebih menggoda dan cepat sekali untuk dipanjing. Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan tenaga untuk menarik kail yang terasa jauh kedalam atau terasa berat.

Cara mendeteksi umpan jitu mancing mujair adalah jika kail bergerak-gerak namun tidak menyelam kebagian bawah itu berarti yang melahap bukan ikan mujahir. Kemungkinan besar yang melahap adalah ikan patin, ikan sepat, ikan betok dan ikan lainnya.

Itulah beberapa Cara Memancing Ikan Mujahir dengan Umpan Cacing yang dapat Anda coba. Pastikan jika Anda ingin memancing di tempat yang mengandung air payau maka jangan menggunakan umpan jitu ikan mujair danau cacing karena akan sulit untuk mendapatkannya. Umpan cacing yang ingin digunakan untuk menangkap mujahir pastikan sudah di potong menjadi beberapa agar muat di kail yang akan dikaitkan dan bisa menjadi persediaan jika ikan mujahir tidak langsung terperangkap.

Baca juga disini, Cara Mancing ikan Betok/Betik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *