Asyiknya Mancing Ikan BARONANG (Teknik Umpan Experimen)

Ikan Baronang merupakan salah satu ikan favorit dari beberapa ikan yang ditangkap atau dipancing dari laut. Bagi yang sudah pernah makan ikan Baronang bakar tentu setuju akan hal ini, bahkan ada yang bilang dagingnya pun lebih enak dari ikan Kakap Merah. Harga ikan Baronang tersebut tidak jauh berbeda dengan ikan Kakap Merah. Karena itu GoMancing.com ingin berbagi cara dan tips Bagaimana Mancing Ikan Baronang.

Mancing Ikan Baronang

Memancing Ikan Baronang Cukup Mudah

Sebelum kita masuk tentang Tips Mancing Ikan Baronang, mari kita kenali dahulu seperti apa karakter ikan Baronang tersebut. Baronang biasanya bergerombol di karang – karang dan di pinggir pantai, dengan ciri khas mulutnya yang kecil dan kulitnya yang kasap. Ikan baronang atau dalam bahasa internasional sering dikenal dengan nama Rabbit Fish termasuk ikan yang gampang dipancing, asalkan kita tahu caranya.

Ikan Baronang  juga banyak jenis – jenisnya, seperti dijelaskan dibawah ini :

Siganus Guttatus ( Baronang Tompel)

Siganus Guttatis Baronang Tompel
Siganus Guttatis Baronang Tompel

Siganus Javus (Baronang Angin)

Siganus Javus Baronang Angin
Siganus Javus Baronang Angin

Siganus Canaliculatus (Baronang Susu/Lingkis)

Siganus Canaliculatus Baronang Susu Lingkis
Siganus Canaliculatus Baronang Susu Lingkis

Siganus Virgatus (Baronang Kea-Kea/Kalung)

Siganus Virgatus Baronang Kea-Kea Kalung
Siganus Virgatus Baronang Kea-Kea Kalung

Siganus Stellatus (Baronang Lada)

Siganus Stellatus Baronang Lada
Siganus Stellatus Baronang Lada

Siganus Vermiculatus (Baronang Batik)

Siganus Vermiculatus Baronang Batik
Siganus Vermiculatus Baronang Batik

Teknik Mancing Ikan Baronang

Teknik Mancing Ikan Baronang inipun biasanya membutuhkan skil tersendiri, tetapi bukan berarti sulit untuk dilakukan, para angler mania pemula pun bisa melakukannya. Yang dibutuhkan adalah kesabaran dan perasaan yang harus terfokuskan dengan jorannya agar dapat merasakan getaran pelampung saat umpan dimakan ikan tersebut.

Mancing Baronang di Pinggiran
Mancing Baronang di Pinggiran

Kadang waktu Strike pelampung ada yang getarannya keras, kadang pula halus getarannya, ikan baronang inipun juga sangat populer dikalangan pemancing, sehingga banyak yang menyebut diri mereka GARONGER.

Mancing Ikan Baronang
Mancing Ikan Baronang

Teknik Mancing Baronang untuk  umpannya juga sangat bermacam – macam, sampai – sampai kawan kamipun ber exsperimen untuk mengunakan “ pepaya california” sebagai umpan ikan Baronang, hasilnya pun tidak sia – sia karena ikan yang didapat lebih besar dan untuk memasang di kailnya pun lebih mudah ,dan umpan “ pepaya california” sudah di coba diberbagai spot di daerah Probolinggo, Lamongan, Gresik dan terutama Madura.

Ikang Baronang dan Umpan Pepaya
Ikang Baronang dan Umpan Pepaya

 

Tackle / Peralatan Mancing Ikan Baronang

Joran Tegek / Bebekan

Yang harus dipilih oleh kawan mancing baronang adalah joran tegek atau bebekan, sebuah joran panjang tanpa line guide, untuk pemilihan joran tegek ini dimaksudkan agar sensasi mancing baronang lebih terasa actionnya. Spesifikasi Kekuatanya medium-hard (medium carbon,high carbon,super carbon) untuk panjang yang paling ideal antara 4 – 5.5 meter. Untuk  merek-merek yang biasa ada di pasaran dengan harga cukup terjangkau dan cukup baik kualitasnya adalah: Golden Fish, Daiwa, Sunlit Horse, Shimano, Golden Eagle, Maguro dan Silstar.

Senar / Kenur

Untuk pemilihan senar usahakan memakai kenur tipe flouro-carbon karena punya index bias yg sama dengan air (kenur seolah lenyap dari pandangan ikan).bisa memakai senar ukuran 20 – 30 Lbs,Penggunanan panjang senar pada joran tergantung kedalaman air di lokasi mancing, bisa 1/2 joran, 2/3 joran atau 3/4 joran.Namun perlu diingat juga makin besar diameter senar makin kecil rasa sensitif pada saat ikan memakan umpan tersebut.

Hook atau Mata Kail 

Usahakan menggunakan mata kail 5 atau 6 yang berbentuk matahari atau garong,pada umumnya pemancing baronang menggunakan pancing garong buatan sendiri karena bisa memilih jenis, merk, size, kekuatan bahan mata kail, bisa menggunakan mata kail biasa atau carbon sesuai dengan selera masing-masing pemancing.

Pelampung

Untuk pelampung biasanya memakai pelampung model gantung dan banyak yang  kita jumpai di toko pancing.Untuk pelampung biasanya digunakan untuk mengetahui apakah umpan sedang dimakan ikan atau tidaknya, apabila bergetar biasanya sedang dimakan, kadang juga tidak bergetar hanya berputar.Dan kita harus benar – benar bisa melatih membedakan pelampung saat bergetar dimakan ikan atau tidaknya.

Umpan

Memancing baronang umpanya pun bermacam-macam. Ada yang suka memakai lumut atau daging udang dan kerang, ada yang lebih suka memakai lontong. Sampai – sampai kawan kami pun ber exsperimen memakai umpan “ pepaya california “. Tapi sebenarnya  semuanya bisa dipakai karena Ikan Baronang termasuk ikan rakus, sebelum menentukan umpan yang efektif sebaiknya lihat spotnya dulu.

Bom Umpan / Chumming

Umpan bom usahakan pakai nasi punel dan gampang terpisah saat di lempar ke air. Tujuan agar nasi tersebut tercecer di dalam air dan ikan baronang berkumpul,usahakan 15 menit sekali pada satu titik saat pengeboman umpan.

Kondisi Air Dan Spot

Untuk hasil maksimal kita harus tau keadaan air dan arus pasang surutnya karena mancing ikan Baronang ini ada waktu-waktu tertentu yang harus di perhatikannya. Untuk arus yang besar biasanya membuat ikan ini bersembunyi di dermaga kapal atau perahu dekat tiang beton karena dianggap aman dari arus. Untuk pantai sedalam tiga meter atau lebih dan dipenuhi karang serta lumut, merupakan habitat Ikan Baronang. Ikan Baronang ini merupakan pemakan lumut dan anak udang atau kerang.

Untuk spot atau  tempat yang disukai oleh ikan baronang biasanya : Di dermaga kapal atau perahu, biasanya ikan baronang senang bersembunyi dibalik tiang-tiang dermaga atau batu – batuan yang sudah banyak lumutnya. Rumpon Kerang Hijau, karena baronang memang sangat menyukai kerang. Sekitar karang/Batrean/Pemecah ombak terutama batu – batuan yang banyak lumut,contoh seperti bebatuan penahan ombak atau bebatuan karang yang menonjol kelaut juga menjadi sasaran empuk para pemancing baronang.

Perlengkapan Pendukung

Gunakan sarung tangan agar tidak terkena duri Ikan Baronang,disamping itu agar tidak licin saat melepas ikan, dan jangan lupa pula gunakan topi serta buff atau slayer pelindung wajah agar tidak langsung terkena terik matahari hehehe…Serta siapkan pula Cool box yang sudah ada Es Batu untuk menyimpan ikan biar fresh ikan baronangnya

Semoga bermanfaat sedikit artikel dari kami, salam Gomancing

Sumber Gambar : Wikipedia Baronang

2 thoughts on “Asyiknya Mancing Ikan BARONANG (Teknik Umpan Experimen)

  • June 29, 2017 at 5:36 am
    Permalink

    Makasih gan .. sudah menambah pengetahuan tentang ikan baronang ,, kebetulan lagi seneng mancing ikan itu ..

    Reply
    • July 13, 2017 at 2:27 pm
      Permalink

      DimDim, mudah2an ngomset bos

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *