Umpan Paling Mudah Untuk Mancing Ikan Betok / Betik

Sebelum kita mengulas tentang umpan cara mudah mancing ikan Betok atau Betik, ada baiknya kita bercerita sedikit tentang Ikan Betok. Ikan Betok mempunyai nama populernya ikan Betik  yaitu type ikan dari dataran asia selatan yang menyebar hingga negara China, ukuran ikan Betok ini  dapat meraih panjang sampai 20 cm serta bisa hidup hingga kedalaman air 5 meter. Mengenai untuk umur ikan yang satu itu cukup panjang kawan yakni sampai 6 tahun. serta ikan Betok termasuk juga type ikan omnivora.  Ikan Betok atau Betik ini biasanya hidup diair tawar yang biasanya tinggal di sungai, sawah, danau, dan rawa-rawa. Di beberapa daerah, ikan Betok juga biasanya dikenal sebagai ikan Betik, ikan Puyu, dan ikan Papuyu. Sedangkan jika di luar negeri, ikan ini umum disebut dengan climbing perch.

gomancing cara mancing ikan betok.ikan betik

Si Betok memanglah ikan yang sangat rakus , tetapi butuh diingat bahwa ikan betok yaitu ikan predator, tepatnya insektivor lantaran ikan Betok sangatlah suka pada serangga. Jika dilihat dari atas ikan ini mirip dengan ikan Gabus berukuran kecil, namun ternyata jika dilihat dari pinggir menjadi sangat berbeda karena ikan Betok atau Betik jauh lebih pipih dari pada ikan Gabus, kepalanya besar, sisiknya sangat tebal, terdapat beberapa duri diatasnya, dan hebatnya merupakan salah satu ikan yang sangat kuat karena bisa bertahan hidup tanpa air sedikitpun selama sekitar satu jam. Hal ini dikarenakan ikan betik atau bethok memiliki organ labirin dikepalanya sehingga bisa mengambil oksigen secara langsung dari udara.

Satu hal yang cukup unik kawan beberapa orang mungkin kurang suka untuk memakan ikan ini entah apa alasannya mungkin berbeda-beda, namun di lain sisi berdasarkan sumber dari kawan – kawan Gomancing.com, ikan ini dibeberapa tempat memiliki harga yang cukup mahal antara Rp 40.000-Rp 50.000 per Kilogram, sempat pula teman kami beli di daerah Gunung Sari Wonokromo Surabaya harganya pun Rp 45.000 per kilogram tergantung ukuran besar kecilnya ikan Betok ini.

Memancing ikan ini termasuk kegiatan yang cukup mudah kawan, terutama bagi para pemula atau anak kecil sangat populer . Namun di balik kemudahannya itu, mancing ikan betok juga sangat menyenangkan sebab ikan ini mempunyai tenaga yang cukup kuat. Pada saat umpan Anda dilahap, bersiap-siaplah untuk mendapatkan sensasi tarikan yang tak pernah anda lupakan.

Cara mancing ikan betok di sungai, sawah atau rawa-rawa…?  Yuk kita simak 5 trik rahasianya sebagai berikut :

  1. Siapkan Peralatan yang Mudah

Memancing ikan Betok bisa dilakukan menggunakan peralatan pancing yang tradisional. Sebagai contoh, kawan bisa menggunakan joran yang terbuat dari bambu/kayu, benang atau senar yang kecil, timah atau timbel ukuran yang paling kecil dan mata kail yang kecil juga. Disarankan untuk melengkapi rangkaian pancing tersebut dengan pelampung agar kawan bisa langsung mengetahui ketika ikan sudah memakan umpan tersebut.

  1. Pilihan umpan yang cocok dan mudah di cari

Karena termasuk ikan yang rakus, kawan bisa memanfaatkan berbagai ragam umpan yang dapat menggoda ikan Betok. Di antaranya meliputi Cacing, Kroto, anakan Lebah, anakan Kecoa, Jangkrik, Udang, Ulat bumbung, Ulat daun pisang. Sedikit masukan kawan Gomancing.com, kawan kami sering  memakai umpan Ulat bumbung, Jangkrik, dan Cacing untuk memancing ikan Betok ini, karna lebih mudah mencarinya di toko – toko pancing.

gomancing cara mancing ikan betok.ikan betik , jangkrik

  1. Penggunaan Bom Umpan atau chumming

Bom umpan atau chumming biasanya digunakan untuk menarik perhatian ikan-ikan agar berkumpul di suatu spot atau tempat yang telah ditentukan. Usahakan penentuan spot ini terletak pada lingkungan perairan yang tenang dengan aliran air yang tidak begitu deras. Sementara untuk jenis umpan yang dapat dijadikan bom antara lain kroto, pelet, dan dedak.

gomancing cara mancing ikan betok.ikan betik.dedak
Dedak untuk chumming
  1. Menentukan Spot Ikan Betok

Ikan Betok biasanya suka tinggal di bawah tumbuhan air seperti Enceng Gondok, Kapu, dan sebagainya. Keberadaan ikan ini ditandai dengan keluarnya gelembung-gelembung air yang berukuran cukup besar di permukaan air. Ikan Betok yang berukuran kecil sering hidup secara bergerombol, sebaliknya ikan yang sudah besar akan tinggal sendirian. Jangan pernah memancing ikan ini saat hujan turun karena ikan betok selalu bersembunyi di dasar air. Usahakan sebaiknya kawan mulai memancing di waktu sore hari menjelang maghrib biasanya di waktu tersebut ikan Betok rakus – rakusnya.

Contoh spot mancing ikan Betok atau Betik

gomancing cara mancing ikan betok.ikan betik. spot 2

gomancing cara mancing ikan betok.ikan betik. spot

  1. Menarik perhatian si ikan Betok

Disini kawan harus rutin menggerakkan mata kail yang sudah ada umpannya untuk menarik perhatian dari si ikan Betok. Contohnya ketika kawan menggunakan umpan berupa Cacing, usahakan untuk terus menarik dan menurunkan mata kail secara perlahan supaya umpan terlihat seolah-olah bergerak. Begitupun jika kawan memakai umpan Kroto yang cukup besar, usahakan agar Kroto tetap bisa menggoda si Betok untuk melahap umpan yang ada di mata kail kita.

Semoga sedikit artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kawan – kawan Gomancing.com di seluruh Indonesia. Stop Thinking … Start Fishing…!!!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *