Mancing Ikan Gabus (Kutuk) Dengan Teknik Casting

Mancing Ikan Gabus (Kutuk) Menggunakan Teknik Casting

Sebelum kita berdiskusi mengenai teknik casting untuk Mancing Ikan Gabus, ada baiknya kita ketahui lebih detail mengenai Ikan Gabus itu sendiri. Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793). Sumber : Wikipedia.

mancing-ikan-gabus-kepala-mirip-ular

Ikan Gabus atau ikan Kutuk banyak kita jumpai di perairan sungai, danau, rawa dan tambak serta kolam – kolam pemancingan hingga di persawahan, habitat Ikan Gabus ini sangat banyak apalagi kalau berkembang biak. Ikan Gabus inipun termasuk jenis Ikan predator  asli dari indonesia. Terkadang Ikan Gabus dianggap sebagai hama kolam, karena ikan akan memakan bibit Ikan di dalam kolam. Padahal  Ikan ini memiliki harga ekonomis dan kandungan gizi tinggi. Kandungan albumin yang tinggi akan membantu mempercepat penyembuhan luka. Untuk melihat apa saja manfaat ikan gabus, coba kawan baca di link : 10 Manfaat Ikan Gabus.

ikan-gabus-mancing-ikan-gabus

Untuk  beberapa tahun terakhir ini banyak sekali kita jumpai pemancing yang memancing ikan gabus dengan menggunakan Teknik Casting. Bukan berarti menggunakan cara-cara memancing gabus pada umumnya dilupakan, namun justru dengan menggunakan Teknik Casting terlihat lebih efektif meskipun banyak menyita tenaga untuk menggulung dan melempar umpan mainan. Namun perlu diingat tidak selamanya Teknik Casting dalam memancing Ikan Gabus sukses. Terkadang banyak faktor yang mempengaruhi sukses atau tidaknya. Contohnya ,spot yang jarang ikan gabusnya, pemilihan lure yang tidak cocok bahkan lemparan yang tidak akurat ke titik-titik potensial.

mancing ikan gabus nikmat
Kawan Mancing yang mendapatkan tangkapan Ikan Gabus

Beberapa peralatan yang di perlukan untuk mancing Ikan Gabus dengan teknik casting

 ~ Reel

Untuk reel dapat menggunakan reel bc ( Baitcasting ) atau rell spinning dengan ukuran 200-3000. Rell dengan ukuran lebih besar kurang nyaman untuk digunakan.

reel mancing ikan gabus
Spinning Reel untuk Mancing Ikan Gabus
reel bc mancing ikan gabus
Bait Casting Reel untuk Mancing Ikan Gabus

~ Joran

Untuk joran bisa menggunakan ukuran 8 – 17 lb, dengan panjang  joran harus menyesuaikan spot antara 120 cm – 210 cm. Untuk joran dengan ukuran yang panjang memudahkan kita untuk melempar dengan jarak yang jauh, sedangkan joran yang pendek memudah kan kita dispot yang penuh dengan semak atau pepohonan. Umunnya banyak yang memakai joran dengan panjang 180 cm.

joran mancing ikan gabus

ukuran joran mancing ikan gabus
Contoh Ukuran Joran yang biasa dipakai Mancing Ikan Gabus

~ Umpan  / Lure

Untuk memilih jenis umpan juga harus menyesuaikan spot. Spot yang penuh dengan tanaman liar dan kayu lebih efektif menggunakan umpan soft frog agar mengurangi resiko tersangkut. Untuk air tenang atau bebas dari tanaman liar dan di kedalaman, anda dapat memilih umpan jenis spinner bait atau buss bait untuk meningkatkan potensi strike, bisa juga menambahkan propeler atau spinner pada umpan anda. Umpan jenis jum frog sangat efektif untuk ikan gabus berukuran besar.

umpan mainan mancing ikan gabus
Umpan Mainan untuk Mancing Ikan Gabus
umpan jenis mainan mancing ikan gabus
Contoh beberapa jenis umpan mainan untuk Mancing Ikan Gabus

~ Line (benang)
Anda bisa menggunakan line PE. sebaiknya anda menggunakan PE 1 smpai 3 tergantung selera masing2 karna sambaran si gabus sangat mengejutkan, untuk benang bisa juga berpengaruh terhadap lemparan jauh pendeknya umpan.

Spot mancing casting Ikan  Gabus

Biasanya waktu yang tepat untuk memancing Ikan Gabus setelah sholat shubuh atau kurang lebihnya jam lima sampai jam delapan pagi , atau bisa juga pada saat sore hari jam 3 – 6 sore, karena biasanya di jam – jam tersebut si Ikan Gabus mencari mangsa untuk di makan.

spot mancing ikan gabus
Rawa-rawa adalah Spot Mancing Ikan Gabus yang sangat Ideal

Tips Untuk Teknik Menggulung Line (Benang) saat Mancing Ikan Gabus

Untuk menggulung line atau benang juga berpengaruh faktor sukses atau tidaknya dalam teknik casting gabus. Berikut ini beberpa tips teknik menggulung yang sering digunakan para pemancing casting Ikan Gabus.

~  Usahakan lemparan pertama menggulung dengan kecepatan gulungan biasa bahkan pelan-pelan saja.

~  Lalu lemparan selanjutnya dengan kecepatan gulungan yang sedang saja biasa gabus mulai melirik dalam kondisi bersiap – siap menerkam.

~ Untuk lemparan berikutnya cobalah dengan kecepatan tinggi dalam menggulung benang . Biasanya diposisi ini gabus akan menyerang umpan mainan tersebut.

strike2 mancing ikan gabus

strike mancing ikan gabus

Beberapa yang harus di perhatikan saat memancing Ikan Gabus

Untuk pemancing casting kadang tidak sabaran dalam casting Ikan Gabus. Baru melempar umpan ke spot 2-5 kali lempar sudah menganggap tidak ada ikan gabus. Nah itu salah..!!! Usahakan  kita melempar hingga 10-15 kali. Sebab…?? meski gabus sudah melihat umpan, dia bisa saja tidak segera bergerak mengejar umpan, kalau dia merasa posisinya tidak pas untuk menyambar, si Ikan Gabus akan bergeser sedikit demi sedikit dari tempat persembunyian sampai dia merasa pasti sekali loncat sehingga bisa menerkam umpan yang lewat di dekatnya ( hal ini berdasar pengalaman saya ketika casting gabus yang terlihat ngumpet di bawah tumbuhan Enceng Gondok atau rerumputan yang di ada air, si Ikan Gabus terlihat menggeser-geser posisi dan baru pada lemparan saya yang ke-8 ketika posisi dia benar-benar menghadap jalur tarikan umpan, dia baru menerkam umpan tesebut )

omset mancing ikan gabus

mancing ikan gabus telan umpan
Gabus biasanya bersumbunyi di tempat terdangkal dari sebuah genangan air selama di sana ada tempat untuk sembunyi, misalnya di bawah semak – semak rerumputan, sampah dedaunan atau sampah plastik. Banyak angler atau pemancing yang justru menghindari cekungan air dangkal dengan asumsi tidak ada ikan gabusnya.

Ayo kawan, coba asyiknya mancing ikan gabus dengan teknik casting. Pasti ketagihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *