Teknik Mancing CASTING, Teknik Yang HARUS DIKUASAI Para Pemancing

Apa Itu Teknik Mancing Casting?

Teknik Mancing Casting adalah cara memancing dengan teknik melemparkan umpan tiruan (umpan palsu), dan kemudian setelah dilempar umpan ditarik secara terus-menerus seolah-olah umpan berenang sehingga ikan tertarik untuk menyambarnya.

Pada artikel ini GoMancing.com akan memberikan informasi dan tips seputar teknik mancing casting, yang kami sebut sebagai salah satu teknik yang harus dikuasai para pemancing. Teknik casting adalah teknik yang sangat menarik dan menyenangkan, mengapa? Karena dalam melakukan teknik casting ini, para angler harus mengandalkan rasa atau feel dalam melakukan rooling atau tarikan umpan. Tarikan tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lambat, dan sebisa mungkin kita menyelami dan menghayati bagaimana cara ikan berenang. Jika anda sabar dan bisa menghayati teknik ini, anda akan mencintai aktivitas memancing.

Dimanakah Teknik Mancing Casting Diaplikasikan?

Teknik mancing casting ini bisa diaplikasikan di sungai, kolam,sawah yang terendam air atau muara sungai, umumnya adalah di habitat liar. Di Indonesia sebenarnya banyak spot mancing untuk aplikasi teknik casting ini. Sebutlah sungai-sungai besar di pulau Kalimantan, rawa-rawa disana juga sangat bisa dieksplor untuk teknik casting ini.

teknik mancing casting

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Untuk Teknik Casting ini?

Dari beragam forum yang memberi informasi, berikut kami informasikan hal-hal penting apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengaplikasikan teknik casting ini.

Joran Untuk Teknik Mancing Casting

Joran untuk mancing casting di sungai-sungai, muara atau kolam rata-rata menggunakan ukuran joran panjang 180-210 cm, biasanya berukuran 10-15 lbs. Dan untuk info saja di muara bisa menggunakan yang panjangnya lebih dari tersebut.

Reel Pancing Yang Digunakan Untuk Casting

Bisa juga menggunakan reel spinning atau baitcasting, Reel yang dipakai untuk casting biasanya menggunakan ukuran 1000-2000. Dengan ukuran ini selain tidak memerlukan senar/benang yang begitu panjang, dengan reel ukuran tersebut piranti akan terasa ringan dan seimbang dengan jorannya .

Senar/Benang Untuk Teknik Mancing Casting

Senar atau benang yang paling pas mengunakan ukuran 0.25 untuk monofilamentdan, untuk benang braided atau PE bisa menggunakan ukuran 20 lbs, untuk para castinger sering menyebut juga dengan benang PE 1, PE 1,5 atau PE 2 dengan kekuatannya yg berbeda – beda.

Untuk pemilihan ini biasanya tergantung kemampuan dan selera pemancing, tidak ada batasan ideal, monggo terserah. Tetapi kalau memang ada dana atau rezeki yang lebih bisa menggunakan benang PE yang tentunya berukuran lebih kecil tapi kekuatannya lebih besar dibanding menggunakan senar. Dan tentu saja pada saat melempar pasti beda dan tarikan umpan juga lebih “smooth”.

Leader Khusus Casting

Untuk mancing dengan teknik casting yang menggunakan benang PE , diperlukan leader yang dipasang diujung benang PE dan di umpan tiruan/palsu. Fungsi leader ini adalah untuk pengarah PE saat casting, sebagai shock saat pemancing strike karena benang PE tidak mempunyai sifat elastis maka dipasang leader yang mempunyai fungsi elastis. Dan apabila hasil pancingan akan diangkat, pada leaderlah kita pegang untuk mengangkat ikan tersebut.

Umpan Yang Cocok Digunakan Mancing Casting

Untuk umpan mancing teknik casting yang dipakai adalah umpan palsu (lure), umpan palsu/tiruan ini harus dibuat sesuai dengan bentuk ikan, serangga dan bentuk hewan lain yang biasa dimakan ikan, yang warnanya bermacam-macam. Jenis umpan palsu/tiruan ini juga bermacam-macam, ada yang menyebut minnow, mini popper, spoon, stickbait, pencil bait, crankbait, frogy dll.
Untuk umpan palsu ini ada yang diperuntukkan dipermukaan (top water lure) ada pula yang di kedalaman air (sinking). Untuk umpan dipermukaan contohnya minipopper, stickbait, dan pencil bait serta frogy yaitu umpan tiruan seperti mirip katak. Ukuran yang biasa dipergunakan mulai dari 3 cm s.d 7 cm dengan berat 5gram rata2-rata.

Target Ikan Saat Mancing Casting

Sebetulnya banyak sekali ikan yang bisa dipancing dengan cara teknik mancing casting ini, yaitu ikan-ikan yang termasuk golongan predator, pemakan sesama ikan. Kalau di kolam pasti target paling menyenangkan yaitu ikan bawal. Dan kalau di sungai target favorit adalah ikan kutuk ( ikan gabus ) hampala / palung (jawa). Sedangakan kalau dari muara/dermaga target favorit adalah barramundi,barakuda, cendro, GT ukuran kecil dll.
Untuk Target ikan gabus, kutuk, dan tomang, spotnya banyak tanaman yg seperti alang – alang, kangkung, mata lele dan tanaman bunga teratai. Kami sarankan pakai umpan palsu/tiruan berbentuk katak atau frogy.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan kecintaan kawan-kawan kepada hobby memancing.

Selamat Mencoba Kawan – Kawan GoMancing.com mania.

Gambar diambil dari : Water Haul Cast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *