Teknik Mancing Fly Fishing, Mancing Menyatu dengan Alam

Apa yang dimaksud dengan Teknik Mancing Fly Fishing?

Teknik Mancing Fly Fishing

Teknik Mancing Fly Fishing adalah sebuah tehnik yang sangat  klasik dan unik, umumnya teknik ini di kenal untuk memancing ikan salmon dan ikan trout. Teknik inipun berbeda dengan Teknik jigging, trolling, popping, dan ada sedikit kesamaan dengan teknik Casting.

Teknik Fly Fishing maksudnya adalah memancing dengan cara kita turun ke air dan harus menyatu dengan alam sekitarnya, itulah mengapa dikatakan teknik ini sebagai teknik mancing yang menyatu dengan alam hehehe… atau mancing dipermukaan air dalam arti menerbangkan umpan tersebut. Untuk umpan  biasanya memakai umpan buatan dari bulu. Target biasanya ikan yang masih liar dan masih asing dengan umpan racikan berbentuk serangga.

Untuk umpan buatan ini cenderung lebih awet dan masih bisa digunakan dan di gunakan lagi. Joran yang digunakan pun cenderung joran yang lebih lentur dan kuat. Panjang joran pun  bervariasi yang penting teknik dan seninya yaitu dengan melemparkan umpan di atas permukaaan air dan jatuhnya tepat. Sangat asyik lebih alami bukan?

Ikan yang masih liar tersebut  suka memakan mangsa dipermukaan air, contoh ikan mas  dan serangga hidup sangat cocok buat dijadikan percobaan mancing dengan Tekhnik Fly Fishing ini.
Meskipun cara mancingnya di kenal kuno, cara teknik memancing ini masih banyak yang menggunakanya yaitu untuk memancing ikan hampala, toman (ikan gabus ), dan ikan lain yang masih bisa menggunakan Tehnik mancing Fly Fishing ini.

Umpan Teknik Mancing Fly Fishing

Untuk umpan Teknik Mancing Fly Fishing ini biasanya  biasanya menggunakan ikan kecil – kecil atau serangga yang masih hidup, bisa juga menggunakan umpan buatan atau umpan tipuan yang berbentuk seperti serangga yang menjadi makanan alami bagi ikan trout dan salmon di sungai air tawar.

Untuk contoh umpan buatan seperti serangga di buat dengan cara tying atau mengikat bulu, rambut hewan, serta bahan sintetis ataupun asli yang diikatkan di mata kail atau hook yang di ikatkan dengan benang . Untuk warna buatlah coraknya yang sesuai di spotnya.

Umpan Teknik mancing Fly Fishing
Umpan Teknik mancing Fly Fishing

Memilih Joran Fly Fishing

Untuk Joran yang sering dipakai dalam Fly Fishing berbeda dengan joran yang biasa kita pakai di teknik mancing lainnya. Saat mancing ada berbagai joran khusus yang dipakai untuk teknik – teknik memancing, begitu pula juga dengan Teknik Mancing Fly Fishing.
Di pasaran umum, Joran fly Fishing biasanya terbuat dari bahan graphite, fiberglass, juga bambu.
Pada saat membeli Joran Fly Fishing usahakan dicoba dulu dan carilah joran recomended dari pegawai toko tersebut.

Joran umumnya menggunakan spesifikasi perhitungan kekuatan rod/joran  dalam satuan pound/ Lbs, atau PE numbers, kalau dalam Joran fly Fishing menggunakan satuan weighted line atau WT. Intinya sih, fly line dikasi ukuran /size mulai dari 1WT sampe dgn 15WT. Untuk angka yang kecil biasanya menunjukkan yang paling ringan, dan angka yang besar yg paling berat.
Untuk joran Fly Fishing ini, wajib menggunakan prinsip balance-tackle /balance-outfit. Joran  pun harus menyesuaikan sama fly line yang dipergunakan. Joran/rod 5WT wajib di pasangin dengan line 5WT, dan selanjutnya..
Joran Fly Fishing  punya ukuran panjang yang bervariasi sesuai dengan kebutuhannya masing – masing.Mulai dari ukuran 6ft, 7ft, 8ft, 9ft, sampai dengan ukuran 15ft, Untuk saran recomended , sesuaikan panjang joran fly fishing dengan tempat nya pada saat memancing Teknik Fly Fishing. Untuk memahami Teknik Fly Fishing ini, ada baiknya gunakan joran Fly Fishing dengan ukuran panjang 8-9ft, 5-6WT, 2 sampai 4 section.

Joran Fly Fishing
Joran Teknik Mancing Fly Fishing

Reel Teknik Mancing Fly Fishing

Reel Fly Fishing ini sekilas hampir sama dengan Reel tradisional karena bentuknya masih gulungan biasa seperti dari bambu atau dari pipa pvc mungkin inilah mengapa Teknik Fly Fishing ini dinamakan teknik klasik hehehe…, kembali ke pemilihan Reel kita wajib menyesuaikan ukuran WT reel dengan WT Joran Fly Fishing, dan juga dengan WT fly line yg nantinya kita pakai.

Di toko pancing  biasanya ada yang spesial dimana yg lebih dominan, freshwater  atau saltwater. Untuk berapa besarnya  ikan yang biasa kita dapat usahakan sesuai dengan ukuran WT antara rod, reel dan line nya. Dan sesuaikan dengan keuangan kantong kita pada saat membelinya.

Memilih Fly Line

Untuk memilih Line usahakan sesuai dengan ukuran Joran dan Reelnya dan biasanya di Joran atau Reel tersebut tertera spesifikasinya, untuk Line usahakan pula cari yang bagus dan kuat.

Untuk para angler – angler  yang ingin mempelajari Teknik Mancing Fly Fishing , kami menganjurkan jika arah lemparan yang tepat berkisar antara jarum jam ke angka 11 dan angka 2. Sedangkan cara untuk menyiasati agar dapat melempar umpan dengan jauh atau cara melempar umpan yang benar dengan cara tetap menjaga agar fly line  tidak menyentuh tanah atau air saat mengayunkan joran tersebut.

Sebagai  bahan masukan kawan , usahakan pilihlah rod atau joran yang lentur karena kelenturan pada joran mempengaruhi lemparan saat memancing Teknik Fly Fishing.

Semoga membantu dan bermanfaat  untuk kawan – kawan angler.

Ssalam gomancing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *