Teknik Mancing GOPAK / LUBANG (Teknik Mancing yang ANEH dan Tidak Seperti Biasanya)

Teknik mancing Gopak atau biasa disebut orang teknik mancing LUBANG adalah salah satu teknik memancing dengan cara mencari lubang atau rumah ikan Mujair, Nila, Louhan dan sejenisnya, lalu kita mancing di spot / lubang itu. Teknik mancing Gopak ini cukup aneh dan tidak seperti teknik-teknik mancing yang biasa kita lakukan. Dimana letak keanehannya? Anda akan mengetahuinya di artikel ini.

Pengenalan Teknik Mancing GOPAK / LUBANG

Yang pertama perlu diperhatikan dalam memancing teknik mancing Gopak ini adalah kita harus mencari lubang atau rumah ikan sasaran kita. Mengapa kita harus mencari dulu rumah ikan-ikan yang disebutkan diatas? Ikan Mujair, Nila dan Louhan kalau sudah berumur atau sudah dewasa, biasa orang menyebut ikan babon biasanya membuat sarang rumah atau lubang untuk bertelur, dan biasanya pula ikan yang sudah sejenis babon tersebut rumahnya tidak ingin kotor dari kotoran daun, rumput ataupun batu – batuan kecil , trus tanah padat kecil – kecil, dan kotoran lain – lain.

Karakter ikan yang suka kebersihan inilah yang kita manfaatkan. Bagaimana caranya? Kita akan bahas pelan-pelan.

Mujair Babon Teknik mancing Gopak
Mujair Babon, Sasaran Empuk Mancing Gopak

Coba bayangkan kawan, pernahkah anda melihat di sebuah kolam atau akuarium di rumah anda atau rumah saudara, teman, tetangga dan tempat wisata yang di isi ikan Mujair, Nila, Louhan dan sejenisnya ada lubang-lubang yang cukup untuk Ikan tersebut berdiam?

Atau mungkin jika didalam kolam dan akuarium tersebut ada hiasan batu – batuan kecil pasti ikan tersebut membuat lingkaran serupa lubang dengan menggerakkan badan dan ekor sehingga batu – batu pun menepi dan kadang pula batu – batu tersebut di angkat satu persatu dengan mulut ikan sehingga berupa tumpukan batu seperti gunung kecil.

Dan lingkaran atau rumah yang terbentuk tersebut tidak boleh ada kotoran di dalam nya dan rumah tersebut pun pasti dijaga oleh ikan babon – babon atau masternya ikan mujair dan nila. Apakah anda sudah membayangkan?

Biasanya ikan Mujair atau Nila kalau sudah berukuran big size atau babon dia tidak mau memakan makanan seperti cacing, pur, pellet, atau lumut.

Memancing Teknik Gopak ini tidak membutuhkan uang banyak kawan karena tidak memakai umpan, dan hanya memakai sterefoam atau spon ukuran kecil dan di buat berbentuk kecil menyerupai batu – batu kecil.

Semoga kawan sudah ada gambaran sedikit mengenai memancing Gopak ini, lalu bagaimana caranya? Kita akan bahas peralatan yang dibutuhkan dulu ya.

Peralatan untuk Teknik Mancing Gopak

Untuk peralatan Memancing Teknik Gopak tidaklah kompleks atau banyak, cukup dengan peralatan sederhana saja seperti dibawah ini :

  1. STIK atau JORAN yang diperlukan.

Gunakan stik atau joran tegek / joran bebekan dengan ukuran panjang 3,5m sampai 5,5m atau bisa dengan joran model spinning dengan ukuran 160cm sampai 210cm bisa pula memakai joran atau stik model antenna, maaf untuk bagi newbie saran saya usahakan mencoba untuk memakai joran tegek agar focus pandangan ke pelampung dan tentunya lebih mudah.

Peralatan untuk teknik mancing gopak

  1. SENAR atau BENANG

Untuk Senar atau Benang yang dipakai adalah antara 0.20mm sampai 0.30mm, dan saya sarankan memakai ukuran 0.22mm sampai 0.25mm, usahakan warna transparan yang untuk membelinya tidak perlu biaya yang mahal.

  1. PELAMPUNG

Untuk pelampung carilah yang model stik kurang lebihnya ukurannya 10-30cm, ataupun bisa membuat pelampung sendiri dari sedotan air minum dan bisa di modifikasi sesuai selera.

  1. MATA KAIL

Untuk mata kail sesuai ukuran ikan mujair dan nila, karena tiap merk mata kail ukurannya beda – beda, dan untuk mata kail ini rawan bengkok, usahakan memakai yang bagus.

  1. PEMBERAT

Untuk pemberat atau timah pancing usahakan yang kecil dan itu tergantung pula dari dalamnya kolam atau waduk, ukuran jarak pemberat dari mata kail kurang lebihnya 5cm.

 Cara Memancing Teknik Gopak

Sebelum memulai Teknik Mancing Gopak ini carilah Spot di kolam, waduk, tambak atau di kali yang sudah lama atau belum pernah di panen ikannya. Ikan Mujaer atau Nila biasanya kalau sudah memulai membuat lubang rumahnya kurang lebihnya sudah berumur satu tahun dan carilah yang tidak ada arus yang kencang di dalam kolamnya.

Teknik mancing Gopak

Untuk memulai usahakan lempar dulu mata kail yang sudah terbentuk rangkaian di joran tersebut biar bisa melihat kedalaman kolam, tambak atau waduk tersebut agar bisa mengatur ukuran panjang pendeknya pelampung. Setelah itu kita bisa memulai melempar –lempar ke spot dan mencari lubang ikan mujair, nila dan louhan usahakan jarak dari ujung joran ukuran benang atau senar kurang lebihnya panjangnya 3meter.

Memancing Teknik Gopak ini sangatlah asik dan yang unik atau bisa dibilang ANEH dan tidak seperti teknik mancing yang biasa adalah mengenai kapan umpan dimakan oleh ikan. Dan hal ini perlu ketelitian dan focus pandangan terhadap pelampung karena di Teknik Gopak ini biasanya pelampung kalau pas ketemu lubangnya si ikan, pelampung akan tenggelam dan ketika pelampung mulai terbang keatas bersiap – siap lah untuk menarik si joran tersebut dan strike.

Memancing Teknik Gopak ini kebalikan dari memancing pakai pelampung biasa. Jika kita memancing biasanya kalau ikan menyambar umpan atau STRIKE pelampung akan tenggelam karena ditarik ikan.

Sedangkan kalau di Teknik Mancing Gopak ini jika pelampung ketemu lubang atau rumah ikan maka dia akan tenggelam dan kalau pelampung naik keatas tandanya mata kail sedang DIPINDAH si ikan karena umpan itu bagi dia seperti kotoran daun, rumput, tanah yang padat dan batu kerikil ukuran kecil. Dia tidak suka lubangnya atau rumahnya kotor. Inilah keunikannya memancing Teknik Gopak.

Semoga teman-teman paham filosofi dari Teknik Mancing Gopak ini, dan semoga bermanfaat untuk meningkatkan skill memancing teman-teman.

Selamat mencoba kawan – kawan angler. Salam GoMancing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *