Teknik Mancing JIGGING, Teknik Memancing yang Membutuhkan OTOT

Teknik Mancing JIGGING, adalah teknik memancing dengan umpan mainan berbentuk ikan, udang, cumi atau yang lainnya dengan berbahan logam timah atau yang ngetren nya di sebut METAL JIG, dan biasanya dilakukan dalam perairan yang dalam (laut)

Mengapa Teknik Mancing Jigging Membutuhkan Kekuatan Otot

Dalam teknik memancing jigging ini di perlukan tenaga extra untuk melakukannya karena dilakukan berulang – ulang. Ada juga yang menyebut teknik ini teknik sport fishing. Teknik ini pula di bedakan menjadi dua dengan teknik slow jig dan flash jig. Teknik mancing Jigging ini juga paling di sukai pemancing atau angler karena teknik ini tidak memakai umpan hidup jadi kita tidak ribet – ribet mencari umpan. Tetapi memang juga teknik memancing jigging ini harus membutuhkan uang agak banyak hehehe… tapi apalah ini namanya juga hobi yang kita sukai, untuk membeli joran , senar dan reel harus sesuai budget atau kemampuan kita masing – masing .

teknik mancing jigging

Untuk spot atau tempat usahakan di laut yang jernih untuk kedalaman 10m – 80m bisa lebih tergantung spotnya. Hal ini berpengaruh pada umpan atau lure yang digunakan sehubungan dengan arus dan kedalaman laut juga.

Umpan atau lure tersedia berbagai macam ukuran mulai 15 gram – 1kg, umumnya yang di gunakan di daerah jawa 55mg – 120mg. Untuk ikan yang di dapat juga tergantung spot juga misalnya ikan GT, Tuna, Talang – talang, kerapu, martin, barakhuda dll

Pengalaman Menggunakan Teknik Mancing Jigging

Sebuah cerita yang singkat mengenai mengaplikasikan teknik Jigging ini. Saya coba di sebuah spot memancing di daerah pulau Jawa Kota Banyuwangi.

Waktu itu saya dan teman – teman berangkat dengan 6 orang melalui medan jalan yang lumayan extreme untuk menuju spot tersebut. Dengan berbekal peralatan yang seadanya, kita sempat juga tersesa, tapi dasar inilah yang namanya hobby, kita tetap menikmati perjalanan ini.

Perjalanan menuju lokasi spot ini masih alami di suguhi pemandangan yang indah dengan karang – karang laut yang masih bagus.

Sampai disana kami pun memulai menyiapkan peralatan memancing kami dan dibantu nelayan yang punya perahu untuk mengangkut kami. Karena ombak yang cukup besar perahunya seperti bergoyang dumai he he he.

Spot mancing nya sendiri dari darat tidak begitu jauh hanya kurang lebihnya 30 menit dengan kedalaman kalau tidak salah 10m. Kami pun lansung mencoba melempar joran masing – masing, ada juga teman saya yang main dasaran juga dengan target ikan kerapu sunu.

saya pun mencoba melakukan memancing dengan teknik jigging dengan cara slow jig dengan metal jig seberat 55 gram tapi ukuran segitu masih kalah dengan arusnya, akhirnya saya mengganti lure dengan berat 88 gram, untuk tarikan ikan disana luar biasa banyak, tetapi banyak yang nyangkut ke karang juga.

Video Jigging

Tidak selang waktu lama, salah satu anggota kami pun di sambar ikan yang lumayan cukup besar, kata teman saya waktu di sambar ikan itu “asssiiiikkk bro strike’’, dengan ukuran ikan kurang lebihnya 10kg.

Tak lama kemudian kami pun dengan pelan – pelan menepi kedarat.

Kiddy Strike Teknik Mancing Jigging
Kiddy Strike Teknik Jigging di lautan Banyuwangi

Peralatan yang digunakan untuk Teknik Mancing Jigging

Rod atau Joran untuk Jigging

Untuk memilih Joran atau rod saran saya sesuaikan kemampuan bujet kita. Kalau ingin yang bagus dan kuat kita harus sabar dan menabung untuk menyisihkan uang kita. Joran yang di gunakan umumnya berukuran 180cm dan harus disesuaikan dengan lure dan senar atau PE nya agar kita bisa merasakan action nya waktu memancing.

Biasanya juga di joran tersebut sudah ada spek nya pakai ukuran PE berapa dan min – maksimal berapa PE nya, sampai lure juga min – maksimal berapa gram.

teknik mancing jigging gomancing

Gambar diambil dari Youtube

Reel untuk Mancing Jigging

Dalam memilih Reel biasanya harus sesuai dengan ukuran joran kelas 4000 – 8000, itupun juga tergantung sasaran dan besar senar PE yang dipakai. Semakin besar kelas reel, semakin besar pula kapasitas senarnya. Biasanya juga di Reel tersebut suda tertera speknya untuk model Reel OHA atau Spinning.

Senar & Leader yang pas untuk Jigging

Untuk memilih Senar yang dipakai biasanya senar braided atau yang dikenal biasanya dengan istilah PE. Dan ukuran senar yang paling banyak dipakai adalah PE 3, 4, atau 5

Untuk besarnya leader harus disesuaikan dengan besar nya PE, Untuk idealnya perbandingannya biasanya antara PE dengan leader adalah 3 atau 4. yang dipakai untuk leader antara 50 – 60 lbs. Bila memungkinkan, carilah leader fluoro carbon. Kelebihan dari leader jenis ini adalah tidak begitu terlihat di air (invisible under water). Untuk panjang leader sekitar 1 – 1,5cm X panjang reel ke ujung joran, tergantung pada kebiasaan angler. Lebih dari 1,5 kali sangat tidak dianjurkan karena kemungkinan besar leader menumpuk di reel sehingga pada waktu dilontarkan, kemungkinan kusut semakin tinggi.

Demikian penjelasan GoMancing.com mengenai teknik memancing Jigging. Terima kasih dan selamat mencoba kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *