Teknik Mancing KAKAP MERAH – GAMPANG BANGET!!

Pengenalan Ikan Kakap Merah

Ikan Kakap Merah merupakan salah satu ikan favorit para pemancing di laut. Sisik yang berwarna merah merupakan ciri khas yang mudah dikenali dari ikan tersebut. Ikan kakap merah merupakan ikan yang banyak pula di temui di perairan laut indonesia, hampir diseluruh spot mancing perairan laut Indonesia terdapat ikan ini. Maka tak heran banyak angler mania dari seluruh Indonesia suka mancing kakap merah.

Kakap Merah go mancing

Kakap Merah memiliki tekstur daging yang lembut, rasanya enak dan gurih. Ikan yang mempunyai nama ilmiah Lutjanus Campechanus ini bisa tumbuh sampai sebesar 13 kg dan harganya juga cukup mahal, akan tetapi jangan lupa pula bahwa kandungan gizinya tinggi.

Ikan Kakap Merah ternyata  memiliki banyak nama, tergantung dari daerah mana. Di Jawa warga biasanya menyebutnya dengan Kellet, Darongan, Bambangan, Kakap Merah, atau Ikan Merah. Di pulau madura ikan ini biasa disebut Posepa, di Bangka lain lagi warga menyebutnya dengan Bran atau Bambang. Di Sulawesi, ikan ini disebut Bambangan, Bacan, Delise, Langgaria, atau Gacak. Di Sumatra Utara disebut Sibolga, di Sumatra Barat Sikakap atau Saliguma, di Sulawesi Utara disebut Lolise, di Ambon Delis, Sengaru, Rae, sementara di Seram (Maluku) disebut Popika. Orang bule biasa menyebutnya Red Snapper. Untuk kawan – kawan para pemancing juga banyak yang menyebut ikan KAPMER atau singkatan dari Kakap Merah.

Teknik Mancing Kakap Merah

Ikan Kakap Merah merupakan ikan yang hidupnya bergerombol dengan koloninya di daerah karang – karang, kapal – kapal yang telah lama tenggelam atau  rumpon buatan manusia yang sudah lama di buat, ikan Kakap Merah tersebut mencari makan juga bersama koloninya dengan posisi pemimpin berada paling depan. Biasanya pemimpin rombongan ikan Kakap Merah adalah yang ukurannya paling besar dibanding yang lain. Ikan Kakap Merah tersebut umumnya menghuni rumpon atau karang bawah laut dengan rata-rata kedalaman lebih dari 10 meter. Jarang sekali kita menjumpai Ikan Kakap Merah berada di kedalaman kurang dari 10 meter.

Mancing Kakap Merah
Hasil Tangkapan Mancing Kakap Merah

PERALATAN MANCING KAKAP MERAH

  1. Joran / Rod

Pilihlah joran dengan panjang 165 sampai 180 cm dengan bahan carbon atau grafit, tipe medium tapper untuk laut dangkal dan fast tapper untuk laut dalam. Jika anda belum mengenai tipe-tipe joran, anda dapat membacanya di artikel kami ini : Bagaimana Memilih Joran?.

  1. Kenur / Senar

Gunakan senar ukuran 0,35, 0.40 atau 0,45 mm atau kenur monofilament 10lb – 40lbs dengan warna putih clear atau pakailah  PE 2 sampai 4. Bagi kawan mancing bila menggunakan senar PE pakailah sambungan LEADER ukuran 20 – sampai 40 lbs.

  1. Mata Kail / Hook

Untuk mata kail gunakan ukuran nomor 7 sampai 10

  1. Rangkaian

Untuk Rangkaian bisa menggunakan 1 sampai  3 kumis , usahakan untuk panjang kumis ukuran 30 sampai 40 cm panjangnya

  1. Timbel atau Pemberat

Gunakan pemberat ukuran 100 gram , tapi jangan lupa perhatikan arus bawah laut juga kadang pemberat bisa lebih dari 100 gram.

UMPAN MANCING IKAN KAKAP MERAH

Untuk mancing ikan kakap merah bisa dilakukan dengan menggunakan umpan alami atau umpan hidup. Misalnya udang, cumi, ikan kecil – kecil yang masih hidup  atau bisa menggunakan potongan-potongan daging ikan  yang masih segar atau fresh .Tetapi umpan terbaik tetap pakai umpan hidup seperti udang atau cumi hidup. Mengapa? Karena mereka bisa bergerak alami dan kelihatan seperti ikan lepas yang siap ditangkap.

CARA MANCING KAKAP MERAH

Mengingat ikan kakap merah yang suka bergerombol dengan koloninya, usahakan saat strike jangan sampai mocel atau lepas dari mata kail karena ikan kakap merah tersebut pasti akan kabur melarikan diri semua dari sarang karang atau rumpon. Maka siapkan rangkaian yang baik dan kuat. Dan usahakan pula kawan jarak pemberat atau timbel dengan dasar laut kira – kira 1 sampai 2 meter supaya menghindari rangkaian nyangkut ke karang atau rumpon saat strike ikan kakap merah.

Berikut ini adalah video waktu kami strike mendapatkan Kakap Merah. Nikmatnya!!!

 

Selamat mencoba kawan – kawan mancing mania, semoga bermanfaat artikel dari kami mengenai cara memancing ikan kakap merah ini. Ingin tahu spot – spot mancing di laut, cek artikel kami di Spot Mancing ini. Salam Go Mancing.

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *