Teknik Mancing Pasiran [SURF FISHING]

Apa itu Teknik Mancing Pasiran?

Teknik Mancing Pasiran atau Surf Fishing adalah cara memancing yang dilakukan dari pinggir pantai dengan menggunakan joran panjang dengan ukuran 350cm – 450cm panjangnya, hal ini berguna agar jarak lemparan jauh terjatuh pada titik yang diperkirakan banyak ikannya, teknik ini hampir sama dengan teknik casting. Untuk target biasanya yang diincar para pemancing Ikan Giant Travelly, Lemadang, Talang – talang dll.

kawan teknik mancing pasiran

Mancing Pasiran ini benar – benar seperti berwisata karena bisa merasakan indah nya pemandangan di sekitar pantai dan merasakan ombak dari tengah hingga ke pinggir pantai.

Menentukan kapan waktu Memancing pasiran:

jjnoer teknik mancing pasiran

Seharusnya  kita bisa kapan saja memulai untuk mencoba memancing pasiran, namun kita harus bisa melihat kondisi dimana kita tidak seharusnya berada di dekat laut. Misalnya saat musim ombak besar sedang melanda dimana jika bermain dipinggir pantai tentu akan sangat membahayakan nyawa. Coba perhatikan pula cuaca saat mau melakukan Mancing Teknik Pasiran atau Surf Fishing.

 Beberapa tackle yang harus di siapkan :

~  Joran

Umumnya joran yang digunakan dengan panjang efektif dengan ukuran 350 – 450cm usahakan juga menggunakan joran yang ringan tapi kuat.

joran teknik mancing pasiran

~   Reel

Gunakan spining reel ukuran type 4000 – 8000 atau dengan kapasitas spool 200 – 300 meter (0,32mm).

reel teknik mancing pasiran

~   Senar / kenur

Untuk senar Gunakan senar ukuran 0,28 – 0,35mm. Hindari penggunaan senar dengan diameter diatas 0,40mm dan PE ( kecuali digunakan sebagai Leader ).

~   Bandul atau pemberat

Gunakan ukuran yang efektif 60 – 100 gram, karena arus bisa berpengaruh juga dengan pemberat.

~   Kail

Biasanya banyak yang menggunakan ukuran antara nomor 6 – 10, kadang  kail yang digunakan sesuai kebutuhan target ikan juga.

kail teknik mancing pasiran

~   Leader

Untuk biasanya menggunakan ukuran 30 – 60 Lbs, usahakan memakai yang fluro karbon.

~  Kili – kili / swivel

~   Karet spentil

Alat pendukung :

~   Gunting

~   Kaca mata,

~ Topi

~   Tenda bila perlu, dll

Umpan :

Untuk umpan yang paling sering digunakan oleh para pemancing pasiran biasanya berupa undur-undur dan cacing laut. Alternatif lainnya udang hidup,cumi/sotong jika terlalu besar dapat dipotong menjadi beberapa bagian, potongan ikan, dan ikan-ikan kecil yang masih hidup.

Rangkaian teknik mancing pasiran :

rangkaian teknik mancing pasiran

Ada beberapa jenis rangkaian untuk teknik mancing pasiran, tetapi biasanya ada 2 cara rangkaian yang digunakan yaitu dengan bandul diatas kail atau bandul di bawah kail

~   Rangkaian Bandul diatas kail

Rangkaian ini digunakan apabila targetnya hanya ikan besar saja dengan 1 mata kail dan bisa mengunakan teknik ngoncer.

~   Rangkaian Bandul di bawah kail

Rangkaian ini bisa mengunakan lebih dari 1 mata kail

Cara melempar teknik mancing pasiran:

~   Usahakan ujung joran dengan Bandul kira – kira 1 meter, jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek. Kalau panjang hati – hati bandul bisa kena kepala, kalau pendek lemparan kurang maksimal

~   Kaki kiri didepan kaki kanan di belakang saat mau melempar, tangan kanan untuk mengayun dan tangan kiri untuk mengimbangi ayunan, kecuali orang “kidal”

~  Sebelum mengayukan joran dalam posisi datar, Ayunkan semaksimal mungkin kearah titik yang dituju.

action teknik mancing pasiran

~   Sebaiknya jangan melempar / mengayunkan sambil berlari karena lemparan kurang maksimal

~   Bagi pemancing yang  masuk ke air apabila ada ombak datang sebaiknya kaki angkat satu, ini dimaksudkan untuk persiapan apabila kita terseret agar kaki yang lain dapat siap menahan kemana badan kita terdorong, kami sudah mencoba berdiri dengan satu kaki ternyata dorongan berkurang dibandingkan berdiri dengan dua kaki badan kita terasa terdorong kuat.

Usahakan agar senar selalu dalam keadaan tegang didalam air. Gunakan juga tanjung untuk meletakkan joran bisa terbuat dari pipa maupun dari besi yang bisa ditancapkan pada pasir. Untuk mendeteksi ikan atau bukan , biasanya jika ikan yang menarik umpan gerakannya tidak stabil dan bergerak tak tentu arah menandakan reel segera digulung. Bedakan senar yang bergerak karena arus dan ikan. Bergerak karena arus biasanya memiliki gerakan dan frekuensi yang sama setiap saatnya.

teknik mancing pasiran ngomset

Selamat mencoba dan semoga ngomset kawan – kawan mancing, dan  jangan lupa untuk memperhatikan keadaan sekitar disamping kanan kiri  dan belakang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa membuka bail armnya pada reel terlebih dahulu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *