Mau Mancing Ikan MONSTER, Pakai Teknik Mancing POPPING

Teknik Mancing Popping merupakan salah satu teknik memancing yang di gemari para pemancing indonesia. Teknik mancing ini harus membutuhkan tenaga extra, karena mulai dari reel hingga joran membutuhkan spesifikasi ukuran yang besar, disertai pula harus melemparkan umpan berkali – kali dan menggulung reel dengan di sertai sentakan di joran tersebut. Tentu cara memancing seperti itu sangat membutuhkan tenaga yang besar dari pemancing, tidak kalah dengan Teknik Jigging yang juga butuh tenaga ekstra. Teknik popping ini hampir sama cara memainkanya dengan Teknik Mancing Casting.

Giant Trevally hasil tangkapan Teknik Mancing Popping
Giant Trevally hasil tangkapan Mancing Popping

Apa Asyiknya Teknik Mancing Popping?

Yang membuat teknik mancing Popping ini layak dicoba dan dipelajari adalah target ikannya. Untuk  target ikan mancing dengan teknik popping ini adalah giant trevally, tuna, tenggiri, layaran dan lain – lain. Lalu apa yang istimewa dari target ikan-ikan tersebut? Rata-rata saat strike ikan yang didapat adalah ikan dengan ukuran monster. Mengapa kebanyakan ikan monster? Anda akan tahu jawabannya setelah membaca artikel ini sampai habis.

Memancing Teknik Popping adalah sesuatu teknik memancing dengan mengggunakan umpan buatan yang disebut Popper. Popper tersebut biasanya terbuat dari bahan dasar kayu atau dari bahan fiber dengan berbagai jenis ukuran. Umumnya di Popper itu terdapat 2 x 3 pasang mata kail / hook, yaitu dibagian ekor dan body bawahnya. Untuk lebih jelasnya peralatan apa saja yang dibutuhkan saat ingin memancing dengan teknik Popping, berikut ini adalah penjelasannya.

Peralatan Mancing Teknik Popping

~ Reel
Pililah reel yang memiliki ukuran 8000 – 20.000 dengan kapasitas spool yang besar agar dapat menampung senar atau PE yang panjang.

~ Joran
Gunakan joran berukuran 210 cm  – 250 cm, dengan speak ukuran PE 6 – 10 yang memiliki ring cukup besar,agar saat melempar bisa meluncur jauh.

~ Senar
Untuk rekomendasi senar yang digunakan adalah PE 6 – 12. Dengan menggunakan senar ukuran ini, memungkinkan kita untuk melempar ke area yang lebih jauh, dan tentunya adalah agar bisa merasakan bertarung dengan ikan – ikan besar.

~ Leader Line
Untuk ukuran leader berkisar antara 80lbs sampai denga 150lbs, funsinya leader inipun untuk meredam hentakan dengan ikan tersebut. Namanya juga target ikan monster, peralatan kita haruslah cukup kuat.

~ Umpan

Mengenai umpan untuk teknik mancing popping adalah sangat penting. Umpan yang digunakan tentunya menggunakan popper. Pemilihan popper juga harus diperhatikan, yaitu menyesuaikan dengan target ikan dan lokasi memancing.

Ada 2 jenis popper yaitu Chugger dan Pencil Popper (swimmer). Chugger mempunyai kepala yang lebih besar dan agak cekung, sehingga dapat menghasilkan bunyi ketika disentak yang akan menarik perhatian ikan. Umpan jenis ini cocok digunakan diperairan yang lebih tenang dan efektif untuk jenis ikan Giant Trevally.

Contoh Chugger Teknik Mancing Popping Gomancing
Contoh Chugger Teknik Mancing Popping

Untuk Pencil Popper, bentuknya lebih ramping dan tidak menimbulkan suara keras. Penggunaan pencil popper cukup ditarik terus menerus, tidak perlu disentakkan. Popper pencil ini efektif untuk ikan Tuna. Ukuran berat popper pun bermacam – macam mulai dari 50 gram – 150 gram, untuk ukuran panjangpun bervariatif mulai dari 5cm – 20cm. Anda bisa membayangkan, dengan umpan ukuran sebesar itu, bagaimana ikan yang akan didapat? Tentu ikan monster!!

Pencil Popper Teknik Mancing Popping gomancing
Pencil Popper Teknik Mancing Popping

Seperti Apa Teknik Mancing Popping Ini?

Setelah kawan-kawan merangkai set alat pancing yang memadai untuk Popping ini sesuai dengan panduan diatas, kita siap untuk memulai. Lemparkan umpan popper sejauh mungkin dengan ukuran berat popper yang sesuai spot, kemudian reel di gulung dan menyentaknya kembali sehingga menimbulkan suara dan percikan air sehingga gerakan dari popper tersebut  menarik ikan – ikan predator untuk menyambar umpan popper tersebut. Itulah mengapa teknik popping ini disebut hampir sama dengan teknik casting.

Teknik popping ini juga akan lebih efektif jika dilakukan saat kondisi air laut cukup tenang, sehingga efek yang dilahirkan dari hentakan saat menggulung jelas terlihat dan mampu mengundang ikan untuk datang dan menyambar. Karena targetnya adalah ikan berukuran monster yang ada di permukaan air, maka mancing dengan menggunakan teknik ini harus terus-terusan melempar dan menggulung reel tersebut.

Buat kawan – kawan mancing setia itulah sedikit penjelasan mengenai tehnik jitu memancing popping, mudah mudahan artikel ini bisa jadi masukan buat para kawan – kawan pemancing setia di indonesia . Selamat mencoba. Salam GoMancing!!

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *