Teknik Mancing ROCK FISHING [EXTREME dan Penuh Adrenalin]

Apa yang Dimaksud dengan Teknik Mancing Rock Fishing?

Teknik Mancing Rock Fishing ini juga biasa di sebut juga mancing di karang, karena memang dilakukan diatas karang dengan area melempar umpan di pantai yang berhubungan langsung dengan karang dipantai. Sehingga teknik memancing ini sangat menantang bagi para pemancing, karena selain tingkat kesulitannya teknik mancing Rock Fishing ini juga penuh resiko. Dilakukan di atas tebing karang yang curam, ditambah dengan tajamnya karang yang tentu sangat licin, memancing teknik Rock Fishing ini sangat membutuhkan stamina dan skil. Pemancing harus extra hati-hati dan penuh konsentrasi. Inilah mengapa teknik Rock Fishing ini dinamakan mancing Extreme dan penuh adrenalin.

teknik mancing rock fishing go mancing

Tetapi bagi para penghobi teknik ini sangat lah memuaskan, disamping jalan yang ditempuh sangatlah exstrim ,di situ pasti di suguhi dengan pemandangan yang sangat – sangat indah kawan dengan nuansa alam yang alami, dan bagi yang hobi selfi ini sangatlah memuaskan pula hehehe….!!!

Aplikasi Teknik Mancing Rock Fishing

Untuk Teknik Mancing Rock Fishing ini waktu yang dipergunakan biasanya pagi, sore dan malam hari, menurut pengalaman, di malam hari ikan-ikan besar banyak yang keluar untuk mencari makan. Untuk disiang hari bisa di aplikasikan memakai teknik land base popping atau casting, dengan kondisi air tenang supaya deburan ombak tidak membahayakan pemancing, Lokasi untuk popping biasanya diatas batu karang ( batu mandi ) jika terkena ombak karang tersebut tenggelam, jadi harus extra hati –hati dalam melakukan teknik popping dan casting, pandangan pun harus fokus dengan ombak yang datang. Untuk jenis ikan yang bisa didapatkan saat mancing karang ini, terutama sejenis kakap, ada kakap merah, kakap batu, kerapu, layur, barakuda, dan jenis lainnya.

Ikan hasil tangkapan rock fishing popping
Ikan hasil tangkapan Rock Fishing Popping

Teknik mancing Rock Fishing atau teknik mancing karang ini adalah kita melempar umpan dari atas tebing berkarang yang ketinggiannya bervariasai antara 3 meter sampai dengan 10 meter itupun tergantung lokasinya, selanjutnya joran itu dipegangi atau bisa juga memakai Rod Holder yang sudah ditancapkan di sebuah karang tersebut, karena kebanyakan mancing malam hari, banyak penggemar mancing yang mengakalinya dengan memasang “stick light”/pospor di ujung jorannya bisa juga memakai lonceng kecil sebagai indikator atau tanda waktu HOOK UP.

Tackle atau piranti yang digunakan untuk mancing Rock Fishing

  • Joran/Rod
    Untuk joran yang dipergunakan dalam mancing Rock Fishing atau karangan ini kebanyakan joran yang panjangnya sekitar 3,5 – 4 meter, hard action/agak kaku. Bisa teleskopik atau yang 3 pieces, usahakan cari yang bagus.
  • Reel
    Untuk reel biasanya memakai ukuran yang besar, agar bisa menampung senar/line yang lumayan panjang minimal bisa menampung senar 200 meter.
  • Senar/Line
    Ukuran senar kebanyakan menggunakan senar monofilament atau senar fluorocarbon,tetapi kebanyakan sekarang ini yang menggunakan benang PE dengan ukuran sampai 50 – 80 lbs. Senar mono yang masih dipergunakan biasanya berukuran minimal 0.60 mm.
  • Timah/Sinker
    Untuk memancing dasaran,di teknik Rock Fishing timah yang dipakai biasanya dengan berat minimal 100 gram.
  • Hook/mata kail
    Untuk mata kail yang dipergunakan kebanyakan ukuran besar (usahakan cari yang bagus kawan).
  • Umpan
    Untuk umpan biasanya menggunakan : ikan kecil sejenis tongkol, kembung, banjar, belanak dan lain – lain. Untuk target ikan besar yang dipasang pada rangkaian/rig bermata 3-5 mata pancing.Tetapi untuk target ikan kecil bisa menggunakan umpan ikan tongkol/kembung fillet.
  • Rigging/Rangkaian
    Untuk rangkaian ada dua model rangkaian yang biasa dipergunakan oleh penggemar mancing Rock Fishing atau karangan, yang pertama rangkaian jebluk/dasaran dan rangkaian apung/mengambang. Untuk mancing dasaran atau bottom biasanya mengunakan rangkaian sebagai berikut : dua mata kail atau bisa lebih, untuk shockleader ke multifilament ( PE ) memakai ukuran 100 lbs sampai 150 lbs dengan panjang 2 sampai 3 meter, supaya tidak mudah putus karna kena gesekan tebing. Biasanya rangkaian dasaran ini targetnya ikan kakap merah, kerapu, dll.
  • Coolbox
    Untuk menyimpan umpan dan ikan hasil tangkapan.
  • Jangkar
    Untuk membantu mengangkat ikan yang kena pancing (untuk mengangkat ikan besar usahakan memakai jangkar yang khusus atau desainan sendiri untuk membuat jangkarnya).
  • Senter atau lampu
    Untuk senter usahakan memakai senter yang di ikatkan di kepala, karna kita bisa focus tehadap pandangan dan joran saat strike.
  • Tas
    Usahakan memakai tas yang model tas punggung, agar anda tidak ribet membawanya.

Beberapa yang perlu diperhatikan demi keselamatan pada saat rock fishing :

~    Carilah lokasi dimana biasanya para pemancing untuk memancing ikan dan sertakan selalu poter atau navigator untuk pergi ke lokasi mancing karang. Biasanya poter merupakan penduduk asli didaerah sekitar spot mancing tersebut.

~    Fokus pandangan dengan ombak. Saat memancing diatas karang yang tidak terlalu tinggi, hendaknya jangan terlalu lama membelakangi laut, karena kita tidak akan tahu kapan ombak besar akan datang dan menyambar kita saat mancing.

~     Berpakaianlah yang ringan dan mudah dilepas ketika tiba – tiba terseret ombak.

~     Gunakan sepatu yang aman dan bersifat melindungi kaki agar tidak mudah terpeleset ketika jalan diatas karang yang licin dan terlindung dari goresan batu karang yang tajam.

~   Carilah dulu hari dan tanggal yang tepat. Posisi bulan,cuaca, kondisi air, angin dan ombak sangat berpengaruh dengan proses memancing kita. Jangan sampai saat pergi memancing keadaan ombak,air, atau cuaca sedang tidak bersahabat.

~     Terakhir dan tidak kalah penting yaitu,berdoa sebelum berangkat agar diberi keselamatan saat memancing dan diberi hasil tangkapan yang banyak. Hormati laut dan alam sekitarnya, jangan mengambil resiko yang tidak perlu karena dalam berinteraksi dengan alam, kita sepatutnya take and give.

Untuk spot Rock Fishing tidak semuanya medannya ekstrim,dan masih banyak medannya yang bisa di jangkau oleh kendaraan sampai ujung jurangnya dan bisa langsung mancing, hehehe…

Selamat mencoba kawan,semoga bermanfaat artikel ini, Go mancing …..!!!

Disarikan dari sumber Wikipedia/Rock Fishing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *