Teknik Mancing Trolling, Teknik Mancing Laut Paling Tua

Teknik Mancing Trolling atau Teknik Tonda

Teknik mancing pun banyak macam – macamnya mulai dari teknik mancing dasaran atau bottom,teknik casting, jigging, popping, rock fishing, trolling  dll….untuk kali ini kita akan membahas atau bercerita tentang teknik mancing trolling.

Teknik mancing trolling merupakan teknik mancing yang dilakukan di atas kapal atau perahu dengan posisi kapal berjalan, teknik trolling ini harus di sertai dengan kecepatan kapal saat jalan sedang kan saat strike kecepatan kapal atau perahu harus di kurangi. Teknik trolling ini juga merupakan salah satu tehnik mancing yang tertua untuk memburu ikan game fishies semacam marlin, tuna, wahoo, tenggiri, barakuda, lemadang dan ikan-ikan besar di samudera lepas.

Teknik ini harus menggunakan reel khusus (open reel) yang cukup kuat dan joran khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot.trolling biasanya menggunakan umpan buatan yang dibuat dari fiber glass, kayu atau plastik. Umpan palsu yang paling populer adalah yang disebut rapala untuk memancing ikan ikan seperti tenggiri dan wahoo. Ada jenis umpan buatan lain yang disebut konahead yang berbentuk seperti cumi tapi berwarna menyolok untuk mancing ikan ikan sejenis marlin, layaran dan lemadang.

Peralatan Teknik Mancing Trolling

Reel trolling

Untuk memancing dengan teknik trolling memang membutuhkan reelyang khusus. Gunakan reel yang di lengkapi dengan level drag dan double speed.

reel teknik mancing trolling
Reel Teknik Mancing Trolling

Joran
Untuk joran, pilih joran yang dilengkapi dengan rollerhal ini bertujuan agar senar tidak tergencet/menjadi pipih disaat mendapatkan tekanan besar serta tidak mudah panas disaat long fight.

joran teknik mancing trolling
Joran yang dipakai dalam Teknik Mancing Trolling

Senar (kenur)
Senar monofilamentdengan ukuran 50-80lbs

Shock leader
Ukuran shock leaderbiasanya dua kali ukuran main line. Jika menggunakan senar ukuran 50lbs maka shock leader yang digunakan 100lbs

Barrel swivel, split ring dan sleve

Serat kabel baja/wire
Di gunakan untuk menyambung senar dengan mata pancing. Selain itu berguna untuk melindungi senar dari gigi ikan yang tajam. Panjangnya kira-kira 1 – 1.5m. Untuk umpan yang menggunakan konaheaddan umpan alami biasanya tidak memakai wirekarena untuk memaksimalkan kerja umpan tersebut.

Umpan
Ada dua alternatif untuk memilih umpan trolling, bisa dengan umpan alami ataupun umpan buatan. Untuk umpan buatan gunakan umpan yang berwarna terang, mengkilat dan kuat.keuntungan menggunakan umpan buatan adalah tidak mudah hancur saat terkena ombak . Umpan buatan yang biasa digunakan diantaranya; rapala atau konahead. Sedangkan untuk umpan alami ikan yang digunakan adalah ikan bandeng karena memiliki warna yang terang dan mengkilat sehingga dapat menarik perhatian ikan target.

umpan atau lure teknik mancing-trolling
Umpan atau Lure Teknik Trolling

Hook (mata pancing)
Jika menggunakan umpan alami mata pancing mutlak diperlukan. Gunakan mata pancing nomor 5 – 7, karena pada umumnya target pemancingan trolling adalah ikan besar, jadi mata pancing yang dipakai juga harus sesuai. Sedangkan jika memakai umpan buatan biasanya sudah terdapat mata pancing yang sesuai ukuran umpannya.

Pada saat kapal berjalan turunkan umpan ulur ke belakang sesuai yang di inginkan, untuk idealnya minimal 30m paling dekat. Umpan palsu yang sering di pakai dari jenis ikan selar atau cumi cumi yang diberi warna merah mencolok, atau bisa juga dari tali rapia di buat warna warni, dan juga bisa di buat dari bahan plastic bercorak mengkilat dll.

strike teknik mancing trolling

Saat kapal bejalan pelan umpan di turunkan sampai posisi umpan sudah ideal sesuai insting angler, katrol/kerekan/reel tahan akan tetapi jangan sampai terkunci ketat,biarkan sedikit longgar agar saat umpan di sambar ikan line secara otomatis terulur dengan sendirinya. Bilamana di kunci ketat pada saat umpan kita di sambar ikan di khawatirkan karena tidak kuat menahan beban ikan tersebut sehingga  line bisa putus. Joran trolling yang sering kali di pakai saat memakai teknik troling adalah overhead yaitu katrol/kerekan/reel berada di atas joran, sehingga pada saat kita melawan ikan lebih ringan.

Teknik ini merupakan teknik mancing termudah, karena angler disini hanya mengulur lure yang terkait pada senar dari joran dengan jarak sekitar 100-200 meter dari kapal, dan membiarkan lure tetap terseret di air yang mengakibatkan gerakan-gerakan akibat perubahan kapal sambil menunggu sambaran ikan.

Teman kami pun sempat mencoba teknik trolling ini di daerah pulau madura  dengan alat seadanya,untuk reel kami memakai type overhead beserta joranya dengan spesifikasi pe 3-5, kebetulan cuaca nya tidak begitu bersahabat sehingga ikan yang naik pun ukuran size kecil hehehe.., tapi teknik mincing trolling inipun bener – benar membawa kenikmatan tersendiri.

Tonton Video kami ketika mencoba menggunakan Teknik Mancing Trolling di Madura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *