TRIK DAN TEKNIK MANCING BARRAMUNDI ATAU IKAN KAKAP PUTIH

Ikan Barramundi merupakan ikan spesialis yang lezat daginngya, Ikan ini pun banyak julukannya mulai dari ikan cukil, cabik, terutama umumnya banyak yang menyebutnya  ikan kakap putih. Saat ini GoMancing.com ingin membagikan trik dan teknik mancing Barramundi. Ikan Barramundi tersebut tarikannya sangat luar biasa apalagi saat memakai teknik casting saat memancing, sungguh memuaskan para kawan – kawan mancing. Kalian bisa merasakan goyangan serta loncatan ikan Barramundi yang sangat seksi.

Teknik mancing barramundi

 

Untuk mendapatkan ikan kakap putih atau biasa di sebut ikan barramundi cukup di bilang susah dan penuh kesabaran. Mengapa demikian…? karena ikan kakap putih termasuk ikan yang gesit dan cerdik. Oleh karena itu, dibutuhkan umpan serta  teknik yang tepat untuk mancing kakap putih tersebut.
Cara untuk memancing ikan kakap putih atau ikan barramundi pertama-tama kita harus mengetahui dimana sarang / tempat dimana si ikan kakap putih atau barramundi banyak dijumpai.

Ciri – ciri sarang ikan barramundi :

~   Pohon tumbang atau jatuh.

~   Tanaman yang merambat sampai ke air.

~  Guguran bebatuan atau tumpukan batu

~  Patok -patok bambu dan wadas / palung di dasar sungai / muara

~  Kedalaman minimal 1,5 meter up

Teknik-mancing-barramundi-spot-gomancingcom
Contoh spot mancing barramundi

Macam – macam teknik mancing Barramundi atau Kakap Putih :

~ Teknik koncer atau ngoncer : Pakai teknik  koncer  ini sangat mudah dilakukan, karena umpan tinggal di lemparkan saja dan joran di tancapkan di pinggir tanggul, tinggal kita menunggu ikan memakan umpan tersebut.

Untuk rangkaian mancing koncer atau ngoncer :   Rangkaian pancing tunggal kail di ikat di leader 60 lbs – 100 lbs. panjang leader 30 cm – 50 cm . Bisa jg leader di ikatkan ke kili-kili . Tehnik ngoncer sering juga dilakukan dengan aktif joran selalu di pegang dan kenur di tarik ulur perlahan-lahan agar udang putih hidup selalu aktif berenang menyelam . Dan ikan terangsang untuk memakan umpan. Hanya memang tehnik ini dilakukan dengan latihan rutin agar bs merasakan gerakan larinya udang / umpan hidup tsb , dan dg insting yg kuat . Biasanya tehnik ngoncer kail dikaitkan di ekor udang putih hidup.Saat umpan di makan ikan maka harus ada efect back drop ( mengulur kenur 3- 5 meter ) baru joran di sentakkan saat kenur sdh menegang . Sehingga saat joran di tancapkan di tanggul kenur harus di jepit di karet di dekat gagang joran dan kenur di beri spare agar terulur 3- 5 meter.

~ Tehnik ngelicir atau gantung :

Untuk teknik mancing Barramundi ini biasanya joran selalu aktif di pegang sambil kenur di mainkan pelan2 . Kecuali sekali-kali joran bisa saja di letakkan pasif dan umpan tetap tergantung minimal 60 % kedalaman air. Tehnik ini lebih efectif bila memancing di spot bebatuan atau rumpon atau patok bambu / rumpon pohon tumbang dan terjangkau joran jaraknya. Kail di ikatkan / di kaitkan di tanduk kepala umpan udang putih hidup ( bisa di ikat dengan benang ) . Saat umpan dimakan ikan maka joran hanya di turunkan 30 cm ke bawah dan langsung di sentakkan ( agar ikan tdk masuk ke rumpon ) . biasanya tehnik ini kail akan menancap di mulut ikan tidak smpai tertelan masuk ke perut ikan.

~ Teknik mancing umbul atau pelampung :

Teknik dan cara memakai umbul / pelampung ( bisa di buat dari gabus / stryrofoam dllnya ) . Tehnik pakai pelampung biasa di lakukan di spot rumpon- rumpon yang tidak terjangkau oleh joran. Cara pemasangan umpan dan cara menyentak joran sama dengan tehnik ngelicir / gantung . hanya tehnik ini lebih bs di lihat mata saat umpan dimakan ikan , pelampung akan langsung tersentak masuk kedalam air. Jadi dibutuhkan konsentrasi dan fokus  melihat pelampung dan reflek menyentakkan joran. Tehnik lainnya adalah dengan cara jegger / tenggar . biasanya tehnik ini pakai umpan hidup berupa ikan hidup (anak belanak ukuran 5 – 10 cm , ikan gabus , mujair , anak bandeng , ikan betok atau betik dan lain lainnya). Tehnik ini biasa dilakukan pada malam hari. umpan di gantung 15 – 30 cm dalam nya dari permukaan air . di atas leader di beri timah bolong yg cukup besar . Umpan di tempatkan di pinggir bebatuan atau rumpon atau tepi sungai. Joran di tancapkan yg kuat di tepi sungai dan kenur di jepit di gagang joran dg diberi spare uluran 5 – 8 meter.

Teknik mancing barramundi kakap putih

Pada saat strike ikan kakap putih atau barramundi usahakan jaga keseimbangan kenur atau senar dengan joran, dikarenakan ikan barrramundi gesit dan lincah biasanya goyanngan ikan tersebut dengan duri dan insannya yang tajam sehingga paling rawan menggores senar kita sehingga terjadi putus atau mocel pada saat strike. Mungkin inilah sensasi mancing ikan barramundi atau kakap putih.

Teknik mancing barramundi Erick
Erick “Barramundi” mendapatkan tangkapan

Terima kasih sudah membaca artikel tentang  teknik mancing Barramundi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *