4 Macam Tips Umpan Mancing Ikan Belanak. CARA JITU!!!

4 Macam Tips Umpan Mancing Ikan Belanak

Ikan Belanak  merupakan salah satu ikan yang selalu bergerombol dan dengan gerakan yang cepat saat di air merupakan ciri khas tersendiri bagi ikan belanak. Ikan belanak merupakan ikan yang lezat dan dagingnya yang gurih saat dimakan, ikan belanak juga dapat di pakai untuk umpan mancing ikan predator di sungai,muara dan laut, ikan belanak inipun juga sangat sensitif dan agak sulit untuk dijadikan sasaran memancing. Tetapi jangan kawatir, Gomancing punya Tips yang Jitu untuk meracik umpan mancing ikan belanak.

go mancing umpan jitu ikan belanak 1

Disini akan kami ceritakan  tips untuk membuat umpan mancing ikan belanak supaya anda tidak kecewa di spot atau tempat  pemancingan. Caranya sangat mudah, semua bahan untuk membuat umpan ikan belanak sangat mudah di cari di toko – toko yang tersedia di dekat rumah anda. Langsung saja simak Tips  – tips cara membuat untuk umpan mancing ikan belanak.

Tips Umpan I

Bahan-bahan sebagai berikut:

  1. 1000 gram  tepung terigu
  2. ¼ minyak goreng
  3. 1 sachet susu
  4. 5 sendok makan mentega
  5. 1 sendok makan garam
  6. 2 sendok makan gula pasir
  7. Air putih 2 gelas

Caranya:
Panas kan terlebih dahulu margarin hingga mencair lalu campurkan semua bahan kedalam satu tempat, trus aduk hingga pulen. apabila sudah pulen kemudian dikukus selama 30-60 menit sambil diaduk  biar merata bahan – bahannya. Setelah matang, selanjutnya ditumbuk hingga semua bahan hancur dan tercampur rata sambil menunggu umpannya dingin.

Tips Umpan 2

Resep yang satu ini sangat mudah dan simpel. Bagi anda yang tidak punya waktu luang untuk membuat umpan ikan belanak, anda cukup menggunakan roti tawar atau roti berbagai rasa,atau bisa saja membeli roti rijek atau Bs di toko pembuat roti dan harganya pun terjamin murah lo .. hehehe…. Pasang kan  roti tersebut pada mata kail pancing anda. Umpan sudah siap di lemparkan di spot mancing ikan belanak.

Tips Umpan 3

Umpan Mancing Ikan Belanak telor tepung

Bahan-bahannya adalah:

  1. 500 gram tepung terigu
  2. 2 butir telur ayam
  3. 10 sendok makan garam
  4. 4 sendok makan margarin
  5. Esen (pengharum roti)
  6. Air di atur secukupnya

Caranya:

~ Panaskan margarin sampai mencair

~ Campurkan garam dan esen dengan ¼ air

~ Masukkan telur, campurkan garam dan esen pada tepung terigu sedikit demi sedikit      sambil diaduk hingga adonan merata seperti bubur

~ Kukus adonan tersebut dan tunggu kurang lebihnya 30 – 60 menit

~ Setelah matang, aduk dan tumbuk adonan hingga semua hancur dan merata sambil menunggu dingin

~ Setelah itu umpan siap memangsa ikan belanak.

~ Untuk ukuran diatas tersebut bisa menghasilkan lebih dari 1 kg umpan.

Tips Umpan 4

Untuk  yang tidak mau ribet saat meracik umpan ikan belanak, kami anjurkan menggunakan umpan alami seperti lumut. Carilah lumut yang masih segar biasanya berwarna hijau muda, jangan memakai lumut yang sudah berwarna hijau kecoklatan dan carinya pun juga sangat muda biasanya di dekat sawah yang belum di tanami padi. Agar lumut lebih tahan lama tambahkan sedikit garam.

Tackle atau Peralatan untuk mancing ikan belanak

  1. Joran atau Rod : Pilihlah joran atau rod yang mempunyai karakter medium – low actoin, seperti joran tegek ( bebekan ) joran teleskopik,joran spinning intinya carilah yang ujungnya lentur.Untuk ukuran panjang bisa memakai ukuran 180,210,150 sampai 360cm itupun sesuai selera pemancing.
  2. Senar atau Kenur : Usahakan memakai senar ukuran 0,18 – 0,22 jangan sampai lebih besar dari ukuran tersebut, supaya kita lebih mudah merasakan saat umpan dimakan ikan belanak tersebut, dan tidak mudah terbawa arus untuk senar ukuran kecil.
  3. Reel : Apabila menggunakan reel usahakan memakai reel dengan tipe ukuran 2000 – 3000,itupun juga tergantung pemakaian jorannya karna ada yang memakai joran tegek atau spinning.
  4. Kail : Untuk merk kail biasanya berbeda ukuran, tapi untuk umumnya biasanya memakai mata kail ukuran 4,5,6 atau 7.Itupun tergantung spot dan besarnya ikan belanak.
  5. Timah atau Pemberat : Gunakan Timah ukuran 20-25 gram itupun dengan arus yang biasa, tetapi di arus kencang gunakan pemberat ukuran 30 – 35 gram.
  6. Rangkaian Pancing : Buatlah rangkaian dengan model kail ombyok ( rankaian yang ber urutan satu persatu ) ada yang model 5,7 hingga 12 rangkaian,tergantung sesuai dari adonan umpannya,untuk umumnya biasanya banyak yang menggunakan 6 atau 7 mata kail.Apabila memakai joran tegek bisa memakai rangkaiain 12,13 kail itupun juga tergantung adonan umpannya.

go mancing umpan jitu ikan belanak 1

Untuk cara mancingnya lakukan Chumming atau bom terlebih dulu supaya ikan belanak berkumpul,lalu lemparkan pancing yang ada umpannya  secara konsisten di satu titik tersebut.Perlu di iingat bahwa ikan belanak mempunyai kriteria jika kondisi air bening ikan tersebut cenderung mencari makan dan keuntungan di pihak pemancing biasanya lebih banyak strike.Apabila di air keruh dan butek usahakan agar lemparan umpan pada spot tidak terlalu dalam dan pakai lah umpan yang ber aroma tinggi,umpan ber aroma tinggi ini penting agar tidak akan tersamar atau tercampur dengan aroma lumpur pada saat air keruh atau butek. Selamat mencoba dan semoga berhasil sedikit cerita dari kami ini.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *